Main Article Content

Wiwin Puspita Hadi
Yunin Hidayati
Irsad Rosidi

Abstract

Pengembangan kualitas pembelajaran untuk mencapai tujuan  pendidikan nasional dan memenuhi tuntutan global yang sangat kompleks membutuhkan guru IPA yang profesional. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas adalah menerapkan pembelajaran IPA berintegrasi etnosains. Tujuan penelitian adalah mengetahui respon guru IPA dalam melaksanakan pembelajaran IPA berintegrasi etnosains Penelitian melibatkan guru IPA di kabupaten Bangkalan. Instrumen pengumpulan data menggunakan data primer yaitu hasil pengisian angket oleh guru IPA. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif  dan dipersentasekan. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa  pembelajaran berintegrasi etnosains merupakan model pembelajaran yang dapat dilaksanakan dengan mudah, semua konsep dapat dilakukan pembelajaran. Metode pembelajaran dilaksanakan  dengan observasi, dan sumber belajar dari lingkungan serta penilaian dilakukan secara autentik.

Article Details

How to Cite
Puspita Hadi, W., Hidayati, Y., & Rosidi, I. (2020). RESPON GURU IPA TERHADAP PEMBELAJARAN IPA BERINTEGRASI ETNOSAINS: STUDI PENDAHULUAN DI KABUPATEN BANGKALAN. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 46-53. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.92