EFEKTIFITAS WEB CLME (CONTEXTUAL LEARNING MANGROVE EDUTOURISM) UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SMA
Main Article Content
Abstract
Kerusakan mangrove di kawasan Demang Gedi, Purwodadi, Purworejo yang disebabkan sebagian besar oleh tangan manusia dikarenakan kurangnya kepedulian terhadap lingkungan. Karakter peduli lingkungan perlu dibangun sejak dini, maka diperlukan sebuah upaya untuk menanamkan karakter peduli terhadapp lingkungan. Karakter peduliilingkungan dapat dibentuk melalui contextual learning mangrove edutourism. Melalui Aplikasi Contextual Learning Mangrove Edutourism (CLME) ini diharapakan dapat menanamkan karakter peduli terhadap lingkungan sejak dini, karena tujuan dari contextual learning mangrove edutourism ini yaitu memotivasi peserta didik di SMA pesisir pantai sekitar Purwodadi agar lebih memahami suatu materi yang dipelajarinya dengan menerapkan apa yang dipelajarinya dengan kehidupan sehari hari. Pada era revolusi industri 4.0 ini, untuk mempermudah penanaman karakter peduli terhadap lingkungan peserta didik SMA di pesisir pantai, maka peneliti tertarik untuk membuat Aplikasi Contextual Learning Mangrove Edutourism (CLME) untuk mengembangkan karakter peduliilingkungan pada peserta didik SMA di kawasan tersebut. Tujuan penelitian adalah (a) mengembangkan karakter peduli lingkungan melalui aplikasi contextual learning mangrove edutourism (CLME), (b) mengukur karakter peduli lingkungan setelah menggunakan aplikasi contextual learning mangrove edutourism (CLME). Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R & D) atau 4-D yang mana terdiri dari 4 tahapan: define,,design,ddevelop danddisseminate. Dari penelitian pengembangan karakter peduli lingkungan melalui aplikasi contextual learning mangrove edutourism (CLME). Terdapat lima data yang digunakan meliputi: (1) Penilaian Sikap Peduli Lingkungan (Teman Sebaya) mendapatkan rerata skor 4 (sangat setuju), (2) Penilaian Sikap Peduli Lingkungan (Observer) mendapatkan rerata skor 4 (sangat setuju), (3) Tanggapan Siswa Mengenai Pembelajaran Biologi Melalui CLME mendapatkan rerata skor 4 (sangat setuju), (4)Tanggapan Siswa Mengenai Kepedulian Lingkungan mendapatkan rerata skor 4 (sangat setuju) dan (5) Penilaian Web CLME Oleh Dosen Ahli, Praktisi Dan Peer Reviewer Sedangkan untuk penilain Web CLME oleh dosen ahli, praktisi, dan peer reviewer masing masing aspek mendapatkan rerata dalam kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan data diatas maka Contextual Learning Mangrove Edutourism dapat membentuk karakter peduli lingkungan peserta didik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.