KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PENGERJAAN PEKERJAAN RUMAH (PR) MATA PELAJARAN IPA SISWA
Main Article Content
Abstract
Kerja sama guru dan orang tua dalam meningkatkan pengerjaan pekerjaan rumah (PR) mata pelajaran IPA siswa. Penelitian ini meneliti pengaruh kolaborasi guru dan orang tua terhadap peningkatan pengerjaan PR IPA siswa di MTs Negeri 2 Tolitoli. Metode kuasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group digunakan, melibatkan kelas eksperimen (intervensi kunjungan rumah dan komunikasi guru-orang tua) dan kelas kontrol (tanpa intervensi). Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Z hitung kelas eksperimen (-4,672) lebih signifikan dibanding kelas kontrol (-3,526), membuktikan perbedaan peningkatan pengerjaan PR IPA setelah intervensi. Temuan ini menegaskan bahwa kolaborasi guru-orang tua berkontribusi positif dalam meningkatkan tanggung jawab dan kinerja akademik siswa, terutama melalui dukungan orang tua dalam memantau tugas. Penelitian juga menyoroti pentingnya peran aktif orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar kondusif. Simpulannya, strategi kolaboratif ini efektif sebagai model peningkatan hasil belajar dan dapat diadaptasi untuk konteks pembelajaran serupa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.