Main Article Content

Indriati Indriati
Riskiyah Riskiyah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) untuk mengetahui hasil belajar siswa Kelas IX SMPN 1 Dasuk Kabupaten Sumenep setelah melaksanakan pembelajaran berpendekatan kontekstual dengan menggunakan media benda konkrit untuk pelajaran IPA pada pokok bahasan Wujud Benda (Padat, Cair dan Gas) Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini berawal dari permasalahan di lapangan, kemudian dievaluasi, dan dianalisis menurut teori-teori penunjang untuk kemudian dilakukan tindakan di lapangan. Hasil analisis didapatkan bahwa pada awal siklus pertama, Hasil Nilai Siswa Pada Pelaksanaan Siklus I (Minggu Ke-1) Rata-Rata Nilai 61,25 siswa kurang antusias terhadap metode ceramah yang digunakan guru dalam penyampaian materi. Ketika guru mulai menyajikan contoh-contoh yang berkaitan dengan dunia nyata mereka mulai antusias terlihat bahwa Hasil Nilai Siswa Pada Pelaksanaan Siklus I (Minggu Ke-2) Rata-Rata Nilai 69,17. Namun contoh-contoh yang disajikan guru kurang variatif sehingga hasil yang dicapai kurang maksimal sedangkan pada siklus kedua guru mulai menyajikan contoh-contoh secara lebih variatif terlihat bahwa Hasil Nilai Siswa Pada Pelaksanaan Siklus II (Minggu Ke-3) Rata-Rata Nilai 76,25. Ketika guru juga tidak lagi menggunakan metode ceramah melainkan memandu siswa untuk melakukan praktek tentang Wujud Benda (Padat, Cair dan Gas) Semester I yang terjadi, mengamati dan menyimpulkan. Kemudian siswa diberi tes untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi terlihat bahwa Hasil Nilai Siswa Pada Pelaksanaan Siklus II (Minggu Ke-4) Rata-Rata Nilai 85,42. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah melaksanakan pembelajaran berpendekatan kontekstual dengan menggunakan media benda konkrit untuk pelajaran IPA pada pokok bahasan Wujud Benda (Padat, Cair dan Gas) Semester I pada siswa Kelas IX SMPN 1 Dasuk Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2017/2018.

Article Details

How to Cite
Indriati, I., & Riskiyah, R. (2018). PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IX PADA POKOK BAHASAN WUJUD BENDA DI SMP NEGERI 1 DASUK. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 89-95. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.26
References
Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Gratindo Persada.
Ibrahim, H. 2001. Media Pembelajaran. Malang: University Press.
Kasihani dan Astini. “Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran bahasa Inggris”. Makalah pada Pelatihan TOT Guru Mata Pelajaran SLTP dan MTs dari enam propinsi. DI Surabaya tanggal 20 Juni s/d 06 Juli 2007.
Sudjana, Nana. 2001. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sumantri, Mulyani. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Malang.