UJI KELAYAKAN MEDIA URISCRAP (URI SCRAPBOOK) MENGGUNAKAN MODEL PENGEMBANGAN 4D

Nurlaili Rosyidah, Jefri Nur Hidayat, Lutfiana Fazat Azizah

Abstract


Penelitian uji kelayakan media uriscrap ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media uriscrap berdasarkan teknik penilaian dalam model pengembangan model 4D yang terdiri dari aspek materi dan bahasa, aspek media dan desain, dan aspek format. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengikuti prosedur dalam model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan instrumen penelitian dengan analisis data kuantitatif. Hasil kelayakan yang diperoleh terhadap uji kelayakan media uriscrap berdasarkan aspek materi dan bahasa sebesar 91,11%; aspek media dan desain sebesar 93,33%; dan aspek format sebesar 97,22% dengan kriteria sangat layak untuk masing-masing aspek. Uji kelayakan media uriscrap menunjukkan kriteria sangat layak sehingga media uriscrap ini layak untuk diuji cobakan sebelum nantinya dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran IPA kelas VII SMP.


Keywords


uriscrap, kelayakan, 4D

Full Text:

PDF

References


Ariyani, N. O. and Siradjuddin (2014) ‘Penggunaan Media Buku Tempel Dalam Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVB Sekolah Dasar’, JPGSD, 2(1), pp. 1–12. Available at: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/10682.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

BNSP. 2014. Revitalisasi Peran BSNP Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional Melalui Pengembangan Standar Dan Penyelenggaraan Ujian Nasional Yang Kredibel. http://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2014/12/Buletin-Edisi-3-2014.pdf.

Fitrianthi, S. D. (2013) Penggunaan Media Scrapbook (Buku Tempel) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran Membaca Novel Remaja. Universitas Pendidikan Indonesia. Available at: http://skripsi.co/skripsi-sastra-indonesia/penggunaan-media-scrapbook-buku-tempel-untuk-meningkatkan-pemahaman-siswa-terhadap-pembelajaran-membaca-novel-remaja-riset-eksperimen-terhadap-pelajar-kelas-viii-6-smpn-16-bandung-tahun-ajaran-2012/.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, Izmi, Ipung Yuwono, and Mimiep S. Madja. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Pada Materi Diagram Venn Untuk Siswa Kelas VII SMP.” http://jurnal-online.um.ac.id.

Hidayat, M. Yusuf, Ina Rosdiana Lesmanawati, and Djohar Maknun. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Dan Extending) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Di Kelas X SMAN 1 Ciwaringin.” Scientiae Educatia 3 (2): 111–24. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=447120&val=9461&title=Penerapan Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Dan Extending) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Di Kelas X SMAN 1 Ciwaringin.

Ramdani, Muhamad Syahri. 2015. “Analisis Materi, Penyajian Kebahasaan Dan Kegrafikan Dalam Buku ‘Pintar Membaca Arab Gundul Dengan Metode Hikari’ Karya Agus Purwanto.” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. http://digilib.uin-suka.ac.id/19025/.

Safitri, R. H. and Julianto (2017) ‘Pengaruh Media Scrapbook Sciencetale Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Proses Daur Air di Sekolah Dasar’, JPGSD, 5(3), pp. 1065–1074. Available at: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/19971.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan Dan Desain Pembelajaran. bandung: Kencana Prenada Media Group.

Sari, Liawati Permata. 2017. “Pengembangan Media Scrapbook Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Tata Surya.” Universitas Islam Negeri Raden Intan. http://repository.radenintan.ac.id/3122/.

Thiagarajan, S., D.S. Semmel, and M. I. Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. ERIC. Indiana: ERIC. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf.

Umar (2013) ‘Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran’, Jurnal Tarbawiyah, 10(2), pp. 126–141. Available at: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=252206&val=6793&title=Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran.




DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.