UJI KELAYAKAN MEDIA URISCRAP (URI SCRAPBOOK) MENGGUNAKAN MODEL PENGEMBANGAN 4D
Main Article Content
Abstract
Penelitian uji kelayakan media uriscrap ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media uriscrap berdasarkan teknik penilaian dalam model pengembangan model 4D yang terdiri dari aspek materi dan bahasa, aspek media dan desain, dan aspek format. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengikuti prosedur dalam model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan instrumen penelitian dengan analisis data kuantitatif. Hasil kelayakan yang diperoleh terhadap uji kelayakan media uriscrap berdasarkan aspek materi dan bahasa sebesar 91,11%; aspek media dan desain sebesar 93,33%; dan aspek format sebesar 97,22% dengan kriteria sangat layak untuk masing-masing aspek. Uji kelayakan media uriscrap menunjukkan kriteria sangat layak sehingga media uriscrap ini layak untuk diuji cobakan sebelum nantinya dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran IPA kelas VII SMP.
Article Details
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.
BNSP. 2014. Revitalisasi Peran BSNP Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional Melalui Pengembangan Standar Dan Penyelenggaraan Ujian Nasional Yang Kredibel. http://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2014/12/Buletin-Edisi-3-2014.pdf.
Fitrianthi, S. D. (2013) Penggunaan Media Scrapbook (Buku Tempel) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran Membaca Novel Remaja. Universitas Pendidikan Indonesia. Available at: http://skripsi.co/skripsi-sastra-indonesia/penggunaan-media-scrapbook-buku-tempel-untuk-meningkatkan-pemahaman-siswa-terhadap-pembelajaran-membaca-novel-remaja-riset-eksperimen-terhadap-pelajar-kelas-viii-6-smpn-16-bandung-tahun-ajaran-2012/.
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Handayani, Izmi, Ipung Yuwono, and Mimiep S. Madja. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Pada Materi Diagram Venn Untuk Siswa Kelas VII SMP.†http://jurnal-online.um.ac.id.
Hidayat, M. Yusuf, Ina Rosdiana Lesmanawati, and Djohar Maknun. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Dan Extending) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Di Kelas X SMAN 1 Ciwaringin.†Scientiae Educatia 3 (2): 111–24. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=447120&val=9461&title=Penerapan Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Dan Extending) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Di Kelas X SMAN 1 Ciwaringin.
Ramdani, Muhamad Syahri. 2015. “Analisis Materi, Penyajian Kebahasaan Dan Kegrafikan Dalam Buku ‘Pintar Membaca Arab Gundul Dengan Metode Hikari’ Karya Agus Purwanto.†Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. http://digilib.uin-suka.ac.id/19025/.
Safitri, R. H. and Julianto (2017) ‘Pengaruh Media Scrapbook Sciencetale Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Proses Daur Air di Sekolah Dasar’, JPGSD, 5(3), pp. 1065–1074. Available at: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/19971.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan Dan Desain Pembelajaran. bandung: Kencana Prenada Media Group.
Sari, Liawati Permata. 2017. “Pengembangan Media Scrapbook Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Tata Surya.†Universitas Islam Negeri Raden Intan. http://repository.radenintan.ac.id/3122/.
Thiagarajan, S., D.S. Semmel, and M. I. Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. ERIC. Indiana: ERIC. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf.
Umar (2013) ‘Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran’, Jurnal Tarbawiyah, 10(2), pp. 126–141. Available at: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=252206&val=6793&title=Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.