KEAKTIFAN SISWA DARI ASPEK SIKAP DAN KETERAMPILAN MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran aktif adalah pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam mencari jawaban atas pertanyaan yang di berikan guru dan juga aktif dalam mencari solusi untuk masalah yang diberikan guru. Dalam pembelajaran aktif untuk mendapatkan keaktifansiswadariaspeksikap dan keterampilan terjadi melalui proses pencarian atau percobaan. Keaktifan siswa di MTs Aqidah Usymuni dari aspek sikap, dan aspek keterampilan rendah. Salah satu solusi yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran akif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa dari aspek sikap, dan aspek keterampilan setelah diterapkan pembelajaran aktif. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang terdiri 16 siswaperempuan.Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi. Data keaktifan siswa dari aspek sikap, aspek keterampilan dianalisis secara deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu (1) dan pada aspek sikap indikator bertanya termasuk kategori sangat tinggi, dan indikator berpendapat termasuk kategori tinggi; (2) serta pada aspek keterampilan indikator melakukan percobaan termasuk kategori sangat tinggi, indikator menjelaskan hasil percobaan termasuk kategori sangat tinggi, dan indikator merefleksi termasuk ketegori sangat tinggi. Pembelajaran Aktif dapat mengetahui keaktifan siswa dari aspek sikap, dan keterampilan.
Article Details
Aziz,A.and Kholis, N. (2014) 'pengembangan perangkat pembelajaran aktif (Actie Learning) dengan strategi synergetic Teaching pada mata diklat mengukur besaran-besaran listrik dalam rangkaian elektronika kelas X di SMK Sunan drajat lamongan; jurnal pendidikan teknik elektro,03(02), pp.83-88. aailable at: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro,articel/iew/7890.
Habibi. (2010). Pembelajaran IPA 1. Sumenep: Unija press.
Hariyanto dan warsono (2012) 'pembelajaran aktif', in. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maulidar, W. O. Dan. (2013). Penggunaan metode eksperimen pada pembelajaran materi sifat bahan dan kegunaannya terhadap hasil dan respon belajar siswa kelas iv min tungkob aceh besar. Jurnal Ilmiah didaktika Februari, XIII(2), 336–350. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/482/400
Raehang. (2014). Pembelajaran aktif sebagai induk pembelajaran koomperatif. Jurnal Al-Ta’dib, 7(1), 149–167. Retrieved from http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/articel/view/249/239.
Silberman, M. (2014). Active learning: 101 cara belajar siswa aktif. Bandung: nuansa cendekia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.