HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN KESADARAN LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH ADIWIYATA

Syella Munawar, Erna Heryanti, Mieke Miarsyah

Abstract


Jakarta merupakan wilayah perkotaan di Indonesia yang memiliki banyak permasalahan lingkungan. Kesadaran lingkungan diperlukan dalam upaya untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan. Kesadaran lingkungan dalam diri siswa dapat dibentuk oleh tingkat pengetahuan lingkungan. Program sekolah berbasis lingkungan dilaksanakan melalui program Adiwiyata. Tujuan program Adiwiyata untuk mendorong dan menciptakan sekolah yang peduli tentang lingkungan dan memiliki budaya lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan lingkungan hidup dengan kesadaran lingkungan pada siswa sekolah Adiwiyata. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 26 dan SMAN 65 Jakarta pada Semester I Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif melalui studi korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 124 siswa menggunakan teknik Simple Random Sampling. Alat pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan lingkungan hidup dan instrumen kesadaran lingkungan. Analisis uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan homogen menggunakan uji Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan lingkungan hidup dengan kesadaran lingkungan siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,298. Hal tersebut berarti jika skor pengetahuan lingkungan hidup tinggi, maka skor kesadaran lingkungan juga tinggi. Pengetahuan lingkungan hidup memberikan kontribusi terhadap kesadaran lingkungan siswa sebesar 8,89%.


Keywords


Adiwiyata, kesadaran, lingkungan hidup, pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Azrai, E. P., Sigit, D. V., & Puji, M. (2017). The Correlation Between Environmental Awareness and Students Participation in Go Green School Activity at Adiwiyata’s School. BIOSFER, 10(2), 7–11.

Bowosantoso, J. T. (2015). Green School in the Perspective of Secondary School Students in Semarang , Central Java. IOSR Journal of Research & Method in Education, 5(6), 34–42.

BPS [Badan Pusat Statistik]. 2017. Statistik Lingkungan Hidup Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia.

Coyle, K.J.D. (2004). Understanding Environmental Literacy in America: and Making it a Reality. Washington DC: National Environmental Education & Training Foundation.

Creech, H., McDonald, C., & Kahlke, P. M. H. (2009). Measuring Knowledge, Attitudes and Behaviors Towards Sustainable Development: Two Exploratory Studies. Winnipeg CA: International Institute for Sustainable Development.

Darsita, Y., Saam, Z., Amin, B., & Siregar, Y.I. (2015). Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 2(1), 61-64.

Heryanti, E., Matondang, M. N., & Wati, D. A. (2016). The Correlation Between Student’s Participation in Scouting Extracurricular and the Attitude of Environmental Awareness. BIOSFER, 9(2), 54–59.

Izzaty, A. M. (2014). The Effect of Students’ Knowledge about Environmental Pollution (High Knowledge Vs Low Knowledge) to Critical Thinking. BIOSFER, VII(2), 1–3.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2017). Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Indonesia 2016. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kementerian Lingkungan Hidup. (2012). Panduan Adiwiyata : Wujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: KLH.

Krech., dan Crutfield. (2000). The Psycology of Adolesence. New York: Hogton Miflin Company.

Kukreti, B. R., dan Gihar, S. (2004). Effect of Video Intervention Strategy on the Environmental Attitude of Secondary Students. Psycholingua, 34(1), 17-22.

Maryono. (2015). The Implementation of the Environmental Education at Adiwiyata Schools in Pacitan Regency. Journal of Education and Practice,6(17), 31–43.

Neolaka, Amos. (2008). Kesadaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2007). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Omoogun, A. C., & Odok A., O. (2013). Influence of Gender and Environmental Awareness on Attitude of People towards Forest Conservation in Ekuri Communities. Journal of Public Administration and Governance, 3(2), 219-225.

Pe’er, S., Goldman, D., & Yavetz, B. (2007). Environmental Literacy in Teacher Training: Attitudes, Knowledge, and Environmental behaviour of Beginning Students. Journal of Environmental Education, 39(1), 45–59.

Rahmahdini, R., Vivanti, D. S., & Heryanti, E. (2014). The Effect of different Counseling Method toward Housewives’ Knowledge about Processing of the Household Waste. BIOSFER, VII(2), 22–26.

Rahman, N.A. (2016). Knowledge, Internal, and Environmental Factors on Environmental are Behaviour among Aboriginal Students in Malaysia. Journal Environ. Sci. Educ, 11(12), 5349–5366.

Sarker, R., Yeasmin, M., Rahman M.A., Islam, M.A. (2018). People’s Perception and Awareness on Air Pollution in Rural and Urban Areas of Mymensingh Sadar upazila. Progressive Agriculture, 29(1), 22-32.

Shobeiri, S. M., Omidvar, B., & Prahallada, N. N. (2007). A Comperative Study of Environmental Awareness among Secondary School Students in Iran and India. International Journal of Environmental Research, 1(1), 28–34.

Siregar, Evelin dan Hartini, Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Spinola, H. (2015). Environmental Literacy Comparison between Students Taught in Eco-schools and Ordinary Schools in The Madeira Island Region of Portugal. Science Education International, 26(3), 392-413.

Vivanti, D. S., Ernawati, & Qibtiah, M. (2017). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pencemaran Lingkungan pada Siswa SMAN 6 Tanggerang. BIOSFER, 10(2), 1–6.

Walgito, B. (2008). Psikologi Kelompok. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Wihardjo, S. D., Hartati, S., Nurani, Y., & Sujarwanta, A. (2017). The Effects of Green Schooling Knowledge Level and Intensity of Parental Guidance on the Environmental Awareness of The Early Age Student. Educational Research and Reviews, 12(5), 251–257.

Ziadat, A H. (2010). Major Factors Contributing to Environmental Awareness among People in a Third World Country/Jordan. Environment, Development and Sustainability, 12(1), 135-145.




DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.