ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU PEGANGAN SISWA IPA SMP KELAS VII SEMESTER 2 KURIKULUM 2013

Rohmatus Syafi'ah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter pada buku pegangan Siswa IPA SMP kelas VII semester 2 kurikulum 2013 dan kesesuaian nilai-nilai karakter dengan nilai-nilai karakter yang tercantum dalam Permendikbud No. 21 tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek utama yang digunakan berupa buku pegangan siswa berjudul Ilmu Pengetahuan Alam SMP/ MTs Kelas VII Semester 2 cetakan ke-3 tahun 2016 (edisi revisi). Unit analisis adalah nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku pegangan siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis isi dan pencatatan secara cermat terhadap buku pegangan siswa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pegangan siswa IPA SMP Kelas VII semester 2 berbasis kurikulum 2013 memuat nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan uraian nilai-nilai karakter yang tercantum dalam Permendikbud No. 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Kurikulum 2013 untuk sekolah dasar dan menengah yaitu religius, jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan tanggung jawab. Selain ke tujuh nilai karakter yang tercantum dalam Permendikbud No. 21 tahun 2016 tersebut di dalam buku pegangan siswa juga ditemukan 8 nilai karakter lain yaitu kreatif, rasa ingin tahu, menghargai kerja individu/kerja kelompok/pendapat orang lain, komunikatif, teliti, mandiri, gemar membaca dan kerjasama.


Keywords


buku pegangan siswa, kurikulum 2013, nilai-nilai karakter

Full Text:

PDF

References


Bagdadi, M. 2012. “A Comparison of GenderRepresentation in English (EFL)

and Arabic (AFL) Textbooks in Iran:A Critical Discourse Analysis”. The

Humanities and Social Sciences Collection,Vol. 8, No. 3, pp. 1-13.

Bohlin, K. E. 2005. Teaching Character Education Through Literature, Awakening the Moral Imagination in Secondary Classrooms.London: Routledge Falmer.

Chabalengula, V.M., Mumba F., Lorsbach T. & Moore C. 1993. Curriculum and Instructional Validity of the Scientific Literacy Themes Covered in Zambian High School Biology Curriculum. International Journal of Environmental & Science Education 3 (4):207-220.

Daryanto & Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (silabus, RPP, PHB, bahan ajar). Yogyakarta: Gava Media.

[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013b. Permendikbud No 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kemdikbud.

[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Permendikbud No 21 tahun 2015 tentang Gerakan Literasi. Jakarta: Kemendikbud.

[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Permendikbud No 8 tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Permendikbud No 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Permendikbud No 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Krippendorf, K. 2013. Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. ThousandOaks: SAGE

Lewis, S. V., Robinson, E. H., & Hayes, G.(2013). Implementing an Authentic

Character Education Curriculum.Olney: Taylor & Francis Ltd.

Lickona, T. 2008. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Terjemahan Irfan M. Zakkie: 2013

Pudlao, J. (2012, September 20). 10Scientific Attitudes. Retrieved from

Prezi:https://prezi.com/nki7ppk1gozo/10- scientific-attitudes/

Ridwan & Mudiono. 2017. Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan. Jurnal wahana sekolah dasar (Kajian Teori dan Praktik Pendidikan) Tahun 25, Nomor 1,Januari 2017.

Siwi, dkk. 2016. Analisis Muatan Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Pelajaran IPA Kurikulum 2013 pada Materi Biologi Kelas VII SMP. Unnes Journal of Biology Education 5 (2) (2016) : 207-213

Widodo, dkk. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.




DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.