ANALISIS BUTIR SOAL PERSIAPAN UJIAN NASIONAL IPA SMP/MTS TAHUN 2018 SAMPAI DENGAN 2019 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

Arpandi Wijaya, Ages Eresti, Despa Despa, Ahmad Walid

Abstract


Penelitian ini, bertujuan untuk menggambarkan tingkat persentase soal persiapan ujian IPA berdasarkan pencapaian nilai keberhasilan dalam upaya untuk mengetahui tingkat pengetahuan kognitif dalam soal-soal persiapan ujian nasional IPA tahun 2018/2019 sampai dengan 2019/2020 berdasarkan taksonomi bloom. Deskriptif dokumentasi adalah metode penelitian yang digunakan dalam riset ini . Subjek penelitian ini adalah soal persiapan ujian nasional IPA SMP/MTS mata pelajaran IPA tahun 2018/2019, dan 2019/2020. Hasil analisis yang telah dilakukan dengan berberapa tahap yang didalam penyelesaiannya digunakan indicator pengetahuan kognitif. Dalam persentasi soal dalam persiapan ujian nasional ilmu pengetahuan alam didapatkan bahwa jumlah persentase soal ujian pada tahun 2018 hingga tahun 2019 pada mata pelajaran system organ manusia persentase terendah terdapat pada” sistem gerak pada makhluk hidup” Tingkat kognitif masing-masing soal digolongkan ke dalam empat tingkat kognitif berdasarkan indicator taksonomi bloom. Dalam penyebaran indicator pengetahuan kognitif pada butir soal yang digunakan untuk persiapan ujian nasional ilmu pengetahuan alam pada jenjang sekolah menengah pertama pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam berturut-turut adalah : C1 (50%), C2 (22,5%), C3 (5%), C4 (0%), C5 (0%), dan C7 (0%). Dalam hasil riset ini yang telah dianalisis, berpikir dalam tingkat rendah atau low order thingking skill merupakan jenjang pengetahuan kognitif yang terukur pada siswa.

Keywords


Analisis, persiapan ujian IPA Taksonomi bloom

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 300(300), 0.

Arikunto,s.2012.dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi.jakarta:bumi Aksara.

Devi ,poppy kamalia.pengembangan soal”high order thingking skill” dalam pembelajaran IPA SMP/MTS

Daryanto,2001.evaluasi pendidikan.jakarta:PT Asdi mahasatya.L

Fahmi, (2012). Analisis Butir Soal dan Kemampuan Bahasa Indonesia Siswa SMK dalam Ujian Nasional Tahun 2011, Jurnal Evaluasi Dan Asesmen Pendidikan, vol 1, no 01.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Bumi Aksara Permendiknas, R, I. (2006). No 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas Undang-Undang, R, I. (2003). No 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara

Mukti, w. A. H., & walid, a. (2018). The developing of prototype tool determining celestial positions (wah 1.0) as learning media in earth and space science course. Jurnal Pena Sains, 5(1), 49-56.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo persada

Sudjana, N. (1995). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Suratno hadi, bambang agus, sapto riyadi. 2018. Buku pemantapapan persiapan ujian ipa 2018.Akasiacitraprima.jakarta

Silverius, s. 1991. Evaluasi hasil belajar dan umpan balik. Jakarta: Gramedia Widiarsarana Indonesia.

Walid, A., Sajidan, S., & Ramli, M. Constructing A Test for Assessing Higher Order Thinking Skills of High School Students on Reproductive System. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 371-377).

Walid, A ( 2018 ). Assessment higher order Thinking skill. Yogyakarta: penerbit samudra biru




DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v9i2.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.