Main Article Content

Habibi Habibi
Anik Anekawati
Lutfiana Fazat Azizah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menggambarkan bagaimana permasalahan
pembelajaran IPA SMP/MTs di kabupaten Sumenep.Selain itu juga untuk menggambarkan disparitas
permasalahan yang terjadi.Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada beberapa SMP/MTs di kabupaten
Sumenep yang dipilih secara acak purposif dengan menggunaan metode angket (untuk siswa) dan diskusi
kelompok terfokus (untuk guru dan kepala sekolah).Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan
menggunakan teknik analisis konten yang terdiri atas tiga tahap utama yaitu katagorisasi (open coding),
membuat relasi antar katagori (axial coding) dan teoretisasi (selective coding).Temuan yang didapatkan dalam
penelitian ini yaitu adanya enam katagori permasalahan utama dalam pembelajaran IPA SMP/MTs di
Kabupaten Sumenep, antara lain: kualitas belajar siswa, latar belakang budaya dan orang tua, komunikasi
sekolah-orang tua, kondisi guru, sarana-prasarana pendukung pembelajaran dan kurikulum-kebijakan.
Disparitas permasalahan yang terjadi terutama pada tiga kelompok sekolah yang cenderung semakin
meningkat kompleksitasnya yaitu sekolah favorit, sekolah nonfavorit dan sekolah dalam pesantren.

Article Details

How to Cite
Habibi, H., Anekawati, A., & Fazat Azizah, L. (2020). PERMASALAHAN PEMBELAJARAN IPA SMP/MTs DI KABUPATEN SUMENEP TAHUN AJARAN 2010-2011. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 35-45. https://doi.org/10.24929/lensa.v2i1.100