PERMASALAHAN PEMBELAJARAN IPA SMP/MTs DI KABUPATEN SUMENEP TAHUN AJARAN 2010-2011
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menggambarkan bagaimana permasalahan
pembelajaran IPA SMP/MTs di kabupaten Sumenep.Selain itu juga untuk menggambarkan disparitas
permasalahan yang terjadi.Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada beberapa SMP/MTs di kabupaten
Sumenep yang dipilih secara acak purposif dengan menggunaan metode angket (untuk siswa) dan diskusi
kelompok terfokus (untuk guru dan kepala sekolah).Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan
menggunakan teknik analisis konten yang terdiri atas tiga tahap utama yaitu katagorisasi (open coding),
membuat relasi antar katagori (axial coding) dan teoretisasi (selective coding).Temuan yang didapatkan dalam
penelitian ini yaitu adanya enam katagori permasalahan utama dalam pembelajaran IPA SMP/MTs di
Kabupaten Sumenep, antara lain: kualitas belajar siswa, latar belakang budaya dan orang tua, komunikasi
sekolah-orang tua, kondisi guru, sarana-prasarana pendukung pembelajaran dan kurikulum-kebijakan.
Disparitas permasalahan yang terjadi terutama pada tiga kelompok sekolah yang cenderung semakin
meningkat kompleksitasnya yaitu sekolah favorit, sekolah nonfavorit dan sekolah dalam pesantren.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.