FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH PENDAFTAR SMA/MA DI KABUPATEN SUMENEP MENGGUNAKAN ANALISIS REGRESI VARIABEL DUMMY
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi jumlah pendaftar sekolah SMA/MA di Kabupaten Sumenep, mendeskripsikan secara kuantitatif jumlah sekolah dan pendaftar SMA/MA di Kabupaten Sumenep berdasarkan mutu sekolah dan lokasi, mengkaji gejala disparitas pendidikan dalam kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu tingkat SMA/MA di Kabupaten Sumenep. Variabel independen adalah akreditasi, status sekolah, jenis sekolah, status mutu dan lokasi sekolah. Variabel dependen adalah jumlah pendaftar. Jumlah sampel 102 sekolah. Analisis data menggunakan analisis regresi variabel dummy dan uji beda kruskall-wallis. Hasil analisis regresi dummy didapatkan, yang berpengaruh terhadap jumlah pendaftar adalah status sekolah dan akreditasi. Jumlah pendaftar sekolah dengan status negeri 91,1% lebih banyak dari pada sekolah dengan status swasta. Jumlah pendaftar Sekolah dengan akreditasi A 161% kali lebih banyak dibandingkan sekolah yang belum terakreditasi. Sekolah dengan akreditasi B lebih diminati 86,2% kali dibandingkan sekolah yang tidak terakreditasi. Hasil dari uji kruskall-wallis setidaknya terdapat 2 sekolah yang mempunyai rata-rata jumlah pendaftar yang berbeda. Urutan rata-rata jumlah pendaftar mulai tertinggi adalah sekolah negeri akreditasi A, negeri akreditasi B, swasta akreditasi A, swasta akreditasi B, swasta akreditasi C dan swasta tidak terakreditasi. Dari hasil diskripsi disimpulkan terdapat gejala disparitas kesempatan dalam memperoleh pendidikan yang bermutu dan terdapat disparitas memperoleh kesempatan pendidikan yang tidak sama diantara berbagai tempat kota, pinggiran dan pesisir.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.