Main Article Content

Nia Sari
Septi Budi Sartika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendekripsikan gaya belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo, 2) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo, dan 3) mendeskripsikan hubungan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA di SMP Muhammadiyah 4 Porong. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif jenis korelasi, dengan teknik analisis statistic inferensial dengan uji regresi product moment. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo memiliki  gaya belajar visual 13,79%, auditorial 37,93%, kinestetik 41,38, dan audio-kinestetik 6,89%, 2) hasil belajar kognitif siswa meliputi 65,52% dengan predikat tinggi dan 34,48% dengan predikat sangat tinggi sehingga dapat dikatakan 100% tuntas, 3) hasil perhitungan statistika, diperoleh perhitungan korelasi pada taraf signifikansi 5% (0,048) maka pada taraf signifikansi 5% hipotesis nol ditolak, sedangkan hipotesis alternatif diterima, dengan demikian dapat disimpulkam terdapat korelasi yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA di SMP Muhammadiyah 4 Porong, dan pada angka indeks terhadap interpretasi 0,021-0,40 adalah antara variabel X dan variabel Y terdapat tingkat korelasi rendah. Hal ini bisa dikatakan juga bahwa gaya belajar bukan satu-satunya faktor yang memperngaruhi hasil belajar kognitif siswa. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengungkap faktor-faktor lainnya yang turut berperan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, misalnya motivasi belajar, gaya mengajar guru, dan sebagainya.

Article Details

How to Cite
Sari, N., & Sartika, S. B. (2021). KORELASI GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA SMP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(1), 1-7. https://doi.org/10.24929/lensa.v11i1.114