PENGEMBANGAN LKS IPA SMP KELAS VII BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES IPA SISWA
Main Article Content
Abstract
Pemerintah saat ini menetapkan suatu kurikulum baru yaitu kurikulum 2013 sebagai hasil dari perkembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dari segi penilaian dan pendekatan yang digunakan terdapat perbedaan, yaitu penilaian pada kurikulum 2013 adalah penilaian autentik dan pendekatan saintifik atau pendekatan berbasis proses keilmuan. Pendekatan saintifik sangat cocok sekali dengan karakteristik pembelajaran IPA. Siswa diarahkan untuk membandingkan hasil prediksi siswa dengan teori melalui kegiatan eksperimen dengan menggunakan metode ilmiah dalam belajar IPA sesuai dengan maksud diterapkannya pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan tentunya jika didukung dengan sumber belajar yang dapat menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih terarah yaitu LKS. Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKS IPA SMP Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Proses Siswa yang disusun berdasarkan model pengembangan4-D. Proses pengembangan LKS meliputi empat tahapan yaitu: Define ,Design, Develop, and Disseminate. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah LKS berbasis Pendekatan Saintifik yang telah dikembnagkan mampu melatihkan keterampilan proses IPA siswa. Hal ini didukung dari hasil penelitian yaitu rata-rata persentase dari kelima aspek keterampilan proses sains tersebut, berada dalam kategori baik dan sangat baik dengan perolehan persentase total antara 72% sampai 96%.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.