Main Article Content

wakhidatul hardiyanti
Yunin Hidayati
Wiwin Puspita Hadi
Irsad Rosidi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi diagram roundhouse terhadap keterampilan metakognisi siswa. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII di SMPN 1 Pungging Mojokerto tahun ajaran 2019/2020 dan sampel penelitian pada kelas VII-H. Instrumen pengambilan data menggunakan tes MSI (metacognitive skills inventory) sebanyak 10 soal essay untuk mengetahui keterampilan metakognisi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest MSI sebesar 70.0 dengan kategori tinggi.  Pengujian hipotesis menggunakan uji t berpasangan. Hasil uji hipotesis menunjukkan  thitung sebesar 18.595 dan ttabel sebesar 2.04523 maka thitung  ttabel (18.595  2.04523). Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi diagram roundhouse berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi siswa.

Article Details

How to Cite
hardiyanti, wakhidatul, Hidayati, Y., Puspita Hadi, W., & Rosidi, I. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN DIAGRAM ROUNDHOUSE TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(1), 21-30. https://doi.org/10.24929/lensa.v11i1.119