Main Article Content

Nisfil Maghfiroh Meita
Akmad Feri Fatoni

Abstract

Kesiapan pelaksanaan UNBK tidak hanya tentang sarana dan prasarana saja, kesiapan siswa kelas IX juga harus diperhatikan. Kesiapan siswa dari segi internal siswa juga dapat mempengaruhi hasil UNBK. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Kesiapan sekolah terhadap pelaksanaan UNBK tingkat SMP sederajat Tahun Pelajaran 2019-2020 di Kecamatan Talango; dan 2) Kesiapan siswa terhadap pelakasanaan UNBK SMP sederajat di Kecamatan Talango Tahun Pelajaran 2019-2020. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah kuantitatif. Penelitian dilakukan di Kecamatan Talango sedangkan penentuan sampel yaitu purposive sampling. Responden penelitian adalah 13 sekolah dan 100 siswa SMP sederajat kelas IX di Kecamatan Talango. Analisi data menggunakan analisis regresi linier berganda. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil dari penelitian yaitu a) Nilai signifikasi 0,000 < 0,05 artinya akrediatsi sekolah, komputer dan server, serta syarat teknis UNBK mempengaruhi secara simultan terhadap kesiapan sekolah melaksanakan UNBK. persentase sumbangan pengaruh akrediatsi sekolah, komputer dan server, serta syarat teknis terhadap kesiapan sekolah melaksanakan UNBK sebesar 96,1%; b) Nilai uji t paling besar yaitu 3,422. Artinya secara parsial syarat teknis UNBK memberikan pengaruh paling besar dibandingkan variabel lainnya; c) Nilai signifikasi 0,000 < 0,05 artinya persiapan belajar, persiapan mental, dan persiapan respon mempengaruhi secara simultan terhadap kesiapan siswa melaksanakan UNBK. Persentase sumbangan pengaruh persiapan belajar, persiapan mental, dan persiapan respon terhadap kesiapan siswa melaksanakan UNBK sebesar 71,1%; dan d) Nilai uji t paling besar yaitu 4,101. Artinya secara parsial persiapan respon memberikan pengaruh paling besar dibandingkan variabel lainnya.

Article Details

How to Cite
Meita, N. M., & Fatoni, A. F. (2020). KESIAPAN SEKOLAH DAN SISWA TERHADAP PELAKSANAAN UNBK TINGKAT SMP SEDERAJAT TAHUN PELAJARAN 2019-2020. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 157-171. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.122