PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENENTUKAN TOPIK DAN TEMA DALAM SUATU KARANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN KEBUNAN I SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Main Article Content
Abstract
Upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan untuk mengubah paradigma pembelajaran dari teacher centered menjadi student centered terus menerus dilakukan baik secara konvensional maupun inovatif. Membaca adalah salah satu di antaraempat komponen ketrampilan berbahasa.Pesan atau informasi yang disampaikan penulis melalui kata-kata bermakna dalam bentuk bahasa yang dituliskan dapat diperoleh melalui kegiatan membaca.Selain itu, dalam suatu karangan pasti memiliki topik dan tema tertentu.Cooperative Learning merupakan suatu teknik pembelajaran yang berusaha meningkatkan kemampuan siswa untuk bekerjasama dalam kelompok kecil, guna memaksimalkan kemampuan belajarnya.Model pembelajaran yang cukupefektifdankooperatifadalah model pembelajaran STAD (Student Teams AchivementDevisions). Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikanperencanaan, pelaksanaan dan hasil penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untukmaterimenentukantopikdantemadalamsuatukaranganpadasiswakelas IV SDN Kebunan I Sumenep. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Pelaksanaan siklus II dilaksanakan setelah mempelajari hasil refleksi pada siklus I.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan nilai di atas KKM siswa kelas IV SDN Kebunan I untuk materi pokok menentukan topik atau tema mata pelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan teknik pembelajaran kooperatif STAD (cooperative learning) dari 14 anak menjadi 43 anak.Hasil observasi terhadap performa siswa, baik secara individu maupun kelompok menunjukkan hasil nilai di atas KKM (>60,00). Hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai individu sebesar 73, 15 dan nilai kelompok 86, 11 dari total nilai 100 dengan beberapa indikator yang telah ditentukan. Respon siswa terhadap materi pembelajaran menentukan topik atau tema dalam bahasa Indonesia melalui pendekatan pembelajaran kooperatifteknik STAD menunjukkan para siswa menyukai teknik ini karena memberikan suasana baru dan penghargaan yang memotivasi mereka dalam belajar, namun para siswa menyatakan juga belum terbiasa karena kedua teknik ini masih baru bagi mereka.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.