Main Article Content

Rudi Yulianto

Abstract

Kegiatan belajar di sekolah dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran. Aspek yang harus dikembangkan dalam diri siswa yakni kemampuan berpikir dan keterampilan metakognitif. Diupayakan guru dapat dengan baik memberdayakan siswa berkemampuan akademik rendah sehingga memiliki hasil belajar yang sejajar dengan siswa berkemampuan akademik tinggi.


Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Pujon selama semester gasal 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Pujon Kelas VIIĀ  tahun ajaran 2007/2008. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Siswa kelas VIIA terdiri atas 32 orang sedangkan siswa kelas VII E terdiri dari 35 orang. Rancangan penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian control group pre test post test.


Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, terlihat bahwa strategi pembelajaran TPS dapat diandalkan dalam rangka meningkatkan keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir, dan pemahaman konsep. Melihat fakta yang telah ditunjukkan, maka diharapkan guru dapat menerapkan penggunaan strategi pembelajaran TPS dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain itu pada penelitian ini strategi pembelajaran yang dipakai adalah strategi pembelajaran TPS, maka dapat dicobakan strategi pembelajaran lain untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan metakogitif, kemampuan berpikir, dan pemahaman konsep siswa pada siswa dengan kemampuan akademik yang berbeda.

Article Details

How to Cite
Yulianto, R. (2021). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF, KEMAMPUAN BERPIKIR, DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PUJON DENGAN KEMAMPUAN AKADEMIK YANG BERBEDA. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 19-30. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i2.140