PEMBELAJARAN FISIKA SMP/MTS POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI STRATEGI BELAJAR PQ4R DAN STRATEGI MOTIVASI ARCS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika SMP/MTs pokok bahasan usaha dan energi melalui model pengajaran langsung dengan menggunakan integrasi strategi belajar PQ4R dan strategi motivasi ARCS, mendeskripsikan aktivitas siswa, keterlaksanaan KBM, respon siswa, hasil belajar siswa, dan kendala-kendala yang ditemui selama penelitian.
Hasil Penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualititatif dan diperoleh beberapa temuan yakni keterlaksanaan pembelajaran berkategori baik, aktivitas siswa selama pembelajaran menunjukkan siswa aktif dalam belajar, minat dan motivasi belajar siswa selama pembelajaran adalah baik. Hasil belajar siswa mengalami ketuntasan secara klasikal. Kendala-kendala yang ditemui siswa adalah pada pertemuan pertama, siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan strategi belajar PQ4R, kurangnya kerja sama kelompok dan adanya siswa yang bermain-main dengan alat pengamatan.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika SMP/MTs pokok bahasan usaha dan energi melalui model pengajaran langsung dengan menggunakan integrasi strategi belajar PQ4R dan strategi motivasi ARCS dapat dikategorikan baik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.