Main Article Content

Muhsinah Annisa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika SMP/MTs pokok bahasan usaha dan energi melalui model pengajaran langsung dengan menggunakan integrasi strategi belajar PQ4R dan strategi motivasi ARCS, mendeskripsikan aktivitas siswa, keterlaksanaan KBM, respon siswa, hasil belajar siswa, dan kendala-kendala yang ditemui selama penelitian.


Hasil Penelitian ini dianalisis secara deskriptif  kualititatif dan diperoleh beberapa temuan yakni keterlaksanaan pembelajaran berkategori baik, aktivitas siswa selama pembelajaran menunjukkan siswa aktif dalam belajar, minat dan motivasi belajar siswa selama pembelajaran adalah baik. Hasil belajar siswa mengalami ketuntasan secara klasikal. Kendala-kendala yang ditemui siswa adalah pada pertemuan pertama, siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan strategi belajar PQ4R, kurangnya kerja sama kelompok dan adanya siswa yang bermain-main dengan alat pengamatan.


Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika SMP/MTs pokok bahasan usaha dan energi melalui model pengajaran langsung dengan menggunakan integrasi strategi belajar PQ4R dan strategi motivasi ARCS dapat dikategorikan baik.

Article Details

How to Cite
Annisa, M. (2021). PEMBELAJARAN FISIKA SMP/MTS POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI STRATEGI BELAJAR PQ4R DAN STRATEGI MOTIVASI ARCS. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.24929/lensa.v2i1.142