PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI IMPLEMENTASI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI IPA-2 MAN GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan inkuiri terbimbing melalui implementasi Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA-2 MAN Gondanglegi Malang.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) atau PTK.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-2 Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 36 siswa.Materi pembelajaran yang digunakan untuk penelitian ini adalah Sistem Gerak.
Dari tindakan yang dilaksanakan peneliti dan pengamat dapat dilaporkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan inkuiri terbimbing.Penerapan inkuiri terbimbing melalui implementasi Lesson Study pada kelas XI IPA-2, siswa terlibat langsung dalam mempelajari dan memahami materi, siswa secara aktif bersama-sama siswa yang lain membahas dan memahami materi dalam kelompok. Pada pokok bahasan Sistem Gerak, tahap pertama siswa dibentuk dalam kelompok-kelompok dimana setiap kelompok membahas dan mempelajari serta memahami secara bersama-sama materi dan lembar kerja siswa yang telah ditentukan dan tahap kedua guru menyampaikan penguatan konsep pada materi tersebut.
Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata kelas dari siklus 1 dan siklus 2 pembelajaran Biologi siswa kelas XI IPA-2 dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing mengalami peningkatan, yaitu sebesar 19,15%. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Biologi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.