Main Article Content

Dyah Ayu Fajarianingtyas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan inkuiri terbimbing melalui implementasi Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA-2 MAN Gondanglegi Malang.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) atau PTK.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-2 Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 36 siswa.Materi pembelajaran yang digunakan untuk penelitian ini adalah Sistem Gerak.


Dari tindakan yang dilaksanakan peneliti dan pengamat dapat dilaporkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan inkuiri terbimbing.Penerapan inkuiri terbimbing melalui implementasi Lesson Study pada kelas XI IPA-2, siswa terlibat langsung dalam mempelajari dan memahami materi, siswa secara aktif bersama-sama siswa yang lain membahas dan memahami materi dalam kelompok. Pada pokok bahasan Sistem Gerak, tahap pertama siswa dibentuk dalam kelompok-kelompok dimana setiap kelompok membahas dan mempelajari serta memahami secara bersama-sama materi dan lembar kerja siswa yang telah ditentukan dan tahap kedua guru menyampaikan penguatan konsep pada materi tersebut.


Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata kelas dari siklus 1 dan siklus 2 pembelajaran Biologi siswa kelas XI IPA-2 dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing mengalami peningkatan, yaitu sebesar 19,15%. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Biologi.

Article Details

How to Cite
Fajarianingtyas, D. A. (2021). PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI IMPLEMENTASI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI IPA-2 MAN GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 9-16. https://doi.org/10.24929/lensa.v2i1.143