Main Article Content

Lutfi Hamim
Dyah Ayu Fajarianingtyas
Jefri Nur Hidayat

Abstract

Penelitian ini mengembangkan petunjuk praktikum yang berbasiskan masalah terhadap literasi sains siswa SMP kelas VIII. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan atau R&D dengan  menggunakan model pengembangan 4-D (four D) yang terdiri dari define, desaign, develop, dan disseminate oleh Thiagarajan. Data diambil dari hasil observasi dalam mengetahui kevalidan dan respon guru terhadap petunjuk praktikum berbasis masalah memuat kegiatan yang mendukung literasi sains siswa SMP kelas VIII. Data validitas diperoleh dari hasil validasi materi dan media. Data respon diperoleh dari penyebaran angket respon guru. Hasil validasi bahwa petunjuk praktikum berbasis masalah terhadap literasi sains siswa valid (layak) dengan rata-rata presentase skor sebesar 96,4% (sangat layak), yang terdiri dari validasi materi dan validasi media. Maka dari itu petunjuk praktikum yang dikembangkan layak untuk digunakan. Hasil angket respon guru terhadap petunjuk praktikum berbasis masalah dari responden memperoleh rata-rata presentase skor sebesar 97,9% (sangat baik) dan mendapat respon positif dari para responden. Jadi petunjuk praktikum berbasis masalah terhadap literasi sains siswa layak untuk digunakan.

Article Details

How to Cite
Hamim, L., Ayu Fajarianingtyas, D., & Nur Hidayat, J. (2021). PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS MASALAH MEMUAT LITERASI SAINS SISWA SMP KELAS VIII. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(1), 31-37. https://doi.org/10.24929/lensa.v11i1.155