Main Article Content

Fitri Nuraeni
Zhaza Nabila Zahra

Abstract

Keterampilan Collaborative Problem Solving (CPS) merupakan suatu keterampilan abad 21 yang dianggap penting. Keterampilan CPS dapat dikembangkan melalui pembelajaran berbasis proyek. Namun dalam implementasinya, guru dan siswa sering mengalami berbagai kesulitan. Salah satu strategi untuk menyiasati hal tersebut adalah dengan mengintegrasikan kegiatan rekayasa. Melalui metode analisis deskriptif, penelitian ini mengungkap bagaimana Proyek Desain Rekayasa, yaitu pembelajaran yang mengintegrasikan engineering design dan pembelajaran berbasis proyek, mampu mengembangkan keterampilan CPS dan meningkatkan pemahaman konsep siswa. Empat belas orang siswa kelas delapan terlibat sebagai subjek penelitian, dimana siswa melakukan sebuah proyek untuk memecahkan suatu masalah secara berkolaborasi melalui aktivitas perekayasaan. Keterampilan kolaborasi siswa diukur melalui observasi selama pembelajaran berlangsung. Sedangkan, kemampuan siswa dalam pemecahanan masalah serta pemahaman konseptual siswa diukur dengan menggunakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proyek Desain Rekayasa mampu memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan collaborative problem-solving serta meningkatkan pemahaman konsep siswa mengenai sistem peredaran darah pada manusia.

Article Details

How to Cite
Nuraeni, F., & Zhaza Nabila Zahra. (2021). PROYEK DESAIN REKAYASA DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING DAN PEMAHAMAN KONSEP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 47-59. https://doi.org/10.24929/lensa.v11i2.162

Author Biographies

Fitri Nuraeni, Universitas Pendidikan Indonesia

Fitri Nuraeni, lahir di Purwakarta pada 28 November 1992, meraih gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) jurusan International Program on Science Education pada tahun 2013 dan Magister Pendidikan (M.Pd) jurusan Pendidikan IPA di Universitas Pendidikan Indonesia pada tahun 2018. Saat ini berkarir sebagai dosen di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Purwakarta pada program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pada tahun 2016 penulis terpilih untuk mengikuti pelatihan guru terkait dengan pendidikan STEM pada program Honeywell Educator at Space Academy yang diselenggarakan oleh The U.S. Space & Rocket Center di Huntsville Alabama. Hingga saat ini sudah menulis dua buku terkait dengan pendidikan STEM untuk jenjang sekolah dasar & sekolah menengah pertama. email: fitrinuraeni@upi.edu

Zhaza Nabila Zahra, Universitas Pendidikan Indonesia

Zhaza Nabila Zahra, lahir di Purwakarta pada 23 Maret 2000, merupakan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta. Email: zhaza.nabila@upi.edu