Main Article Content

Dwi Suseno Wati
Sardianto Markos Siahaan
Ketang Wiyono

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan agar mendapatkan informasi mengenai efektifitas LMS Chamilo materi gerak harmonik sederhana terhadap hasil belajar peserta didik. Pre-Experimental design terhadap desain penelitian one-group pretest-posttest merupakan metode yang dipakai pada penelitian ini. Peserta didik kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang tahun ajaran 2019/2020 (n=30) menjadi subjek dalam penelitian ini. Sampel diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui tes tertulis. Data hasil penelitian dianalisis dengan N-gain score. Pemaparan hasil penelitian yaitu terdapat eskalasi rata-rata hasil belajar sebelum dan sehabis pemanfaatan LMS Chamilo. Rata-rata hasil belajar sebelum diberikan LMS Chamilo adalah sebesar 51,00. Kemudian pendidik memberikan pengajaran menggunakan LMS Chamilo peningkatan rata-rata skor hasil belajar kognitif peserta didik menjadi 79,00. Peningkatan nilai rerata peserta didik diukur menggunakan N-gain Score dan didapatkan hasil sejumlah 0,582 berkategorikan sedang. Penyimpulan data hasil penelitian ialah pemanfaatan LMS Chamilo materi gerak harmonik sederhana efektif terhadap hasil belajar peserta didik.

Article Details

How to Cite
Wati, D. S., Siahaan, S. M., & Wiyono, K. (2021). EFEKTIVITAS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM CHAMILO MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 100-109. https://doi.org/10.24929/lensa.v11i2.166