Main Article Content

Syaiful Arif
Ariza Rahmadana Hidayati

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang diajarkan dipembelajarn IPA, hasil observasi menunjukkan nilai kemampuan berpikir kritis  40,62 yang artinya dalam kategori rendah. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis perlu  dikembangkan suatu media pembelajaran interaktif dengan menggunakan adobe flash yang terintegrasi dengan  ayat ayat al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk membuat perangkat lunak berupa media pembelajaran interaktif, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian menggunakan model R&D. Tahapan mengembangkan media meliputi studi pendahuluan, tahapan pengembangan, validasi , revisi, uji lapangan dan produk. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan claster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket validasi dan uji coba yaitu melalui respon peserta didik. Kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif, kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi ahli materi mendapatkan skor rata-rata 85,11% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor rata-rata 84,86% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba produk yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan nilai persentase sebesar 97%.

Article Details

How to Cite
Arif, S., & Hidayati , A. R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI TENGAH PANDEMI COVID 19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 60-72. https://doi.org/10.24929/lensa.v11i2.171