Main Article Content

Ika Sukmawati
Karunia Galih Permadani

Abstract

Mata kuliah genetika mengandung topik yang dianggap sulit dan banyak ditemukan miskonsepsi. Oleh sebab itu, dikembangkanlah buku perkuliahan enetika berbasis kajian miskonsepsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif sebagai bagian dari tahap Analyze dalam model ADDIE, dengan subyek mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tidar yang menempuh mata kuliah genetika. Sampel dipilih secara acak sejumlah 45 mahasiswa yang terdiri dari 42 perempuan dan 3 laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) mahasiswa masih belum memahami ruang lingkup kajian genetika secara utuh; (2) genetika dianggap sebagai materi yang sulit dipahami; (3) Buku teks yang sudah ada masih sulit untuk dipelajari dan dipahami; (4) Mahasiswa menyadari bahwa karakteristik materi dan sumber belajar pada mata kuliah genetika rawan memicu miskonsepsi; (5) Mahasiswa membutuhkan buku perkuliahan dengan memperhatikan area/materi yang rawan memicu miskonsepsi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa buku perkuliahan genetika berbasis kajian miskonsepsi perlu dikembangkan guna memfasilitasi pembelajaran mahasiswa yang lebih berkualitas.

Article Details

How to Cite
Sukmawati, I., & Permadani, K. G. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU PERKULIAHAN GENETIKA BERBASIS KAJIAN MISKONSEPSI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 78-86. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.189

Author Biography

Karunia Galih Permadani, Universitas Tidar

Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tidar