ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU PERKULIAHAN GENETIKA BERBASIS KAJIAN MISKONSEPSI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
Main Article Content
Abstract
Mata kuliah genetika mengandung topik yang dianggap sulit dan banyak ditemukan miskonsepsi. Oleh sebab itu, dikembangkanlah buku perkuliahan enetika berbasis kajian miskonsepsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif sebagai bagian dari tahap Analyze dalam model ADDIE, dengan subyek mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tidar yang menempuh mata kuliah genetika. Sampel dipilih secara acak sejumlah 45 mahasiswa yang terdiri dari 42 perempuan dan 3 laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) mahasiswa masih belum memahami ruang lingkup kajian genetika secara utuh; (2) genetika dianggap sebagai materi yang sulit dipahami; (3) Buku teks yang sudah ada masih sulit untuk dipelajari dan dipahami; (4) Mahasiswa menyadari bahwa karakteristik materi dan sumber belajar pada mata kuliah genetika rawan memicu miskonsepsi; (5) Mahasiswa membutuhkan buku perkuliahan dengan memperhatikan area/materi yang rawan memicu miskonsepsi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa buku perkuliahan genetika berbasis kajian miskonsepsi perlu dikembangkan guna memfasilitasi pembelajaran mahasiswa yang lebih berkualitas.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.