Main Article Content

Moh. Jazuli
Lutfiana Fazat Azizah
Nisfil Maghfiroh Meita

Abstract

Teknologi smartphone berbasis android tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, tetapi juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang bisa menyajikan materi ajar secara praktis. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan produk bahan ajar elektronik berbasis android sebagai media interaktif; (2) mengetahui kelayakan produk bahan ajar elektronik berbasis android sebagai media interaktif; dan (3) mengetahui respon mahasiswa terhadap produk bahan ajar elektronik berbasis android sebagai media interaktif. Jenis penelitian ini adalah Research & Development menggunakan model 4D. Subjek uji coba penelitian dan pengembangan ini yaitu ahli materi, ahli media, dan mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wiraraja. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Data yang diperoleh dari hasil angket dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini, yaitu: 1) bahan ajar elektronik berbasis android sebagai media interaktif tersusun atas komponen dasar, meliputi: (1) petunjuk penggunaan; (2) indikator; (3) materi; (4) soal-soal; (5) percobaan mandiri; dan (6) evaluasi mandiri; 2) bahan ajar elektronik berbasis android sebagai media interaktif layak digunakan dilihat dari hasil validasi materi, validasi media, dan kemudahan penggunaan media. Hasil validasi materi memperoleh nilai sebesar 92,4% dengan kategori sangat baik, hasil validasi media memperoleh nilai sebesar 95,6% dengan kategori sangat baik, serta kemudahan penggunaan media memperoleh nilai sebesar 97,9% dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli media dan 92,2 % dengan kategori sangat baik dari hasil respon mahasiswa; 3) mahasiswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar elektronik berbasis android sebagai media interaktif dilihat dari hasil angket respon mahasiswa, yaitu memperoleh nilai sebesar 91% dengan kategori sangat baik.

Article Details

How to Cite
Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47-65. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.22
References
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arfiana, M.N dan Euis, Ismayati. 2017. Pengembagan Bahan Ajar Menerapkan Rangkaian Digital Kombinasi Berbasis Mobile Learning di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. (online), Volume 06 Nomor 03 (https://jurnalmahasiwswa.unesa.ac.id), diakses 20 Juni 2017.
Ariadie, C.N., Sukir., dan Imam, M.M.S. 2007. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Dasar Listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK). (online), Vol. 16, No. 1 (http://download.portalgaruda.org), diakses 27 Juni 2017.
Arifin, A.Z. 2008. Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Teknologi Informasi & Komunikasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. ISSN: 1907-011X; 6-10.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT TajaGrafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran (edisi revisi). Jakarta: PT TajaGrafindo Persada.
Arwiantari, D., Gede, A., dan Dewa, K.T. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesa Jurusan Teknologi Pendidikan. (online), vol. 3, No. 1 (http://ejurnal.undiksha.ac.id), diakses 17 Mei 2017.
Dwiyogo, Wasis D. 2013. Media Pembelajaran. Malang: Wineka Media.
Darmawan, Deni. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Teori dan Aplikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Handayani, Ardiyan dan Euis, Ismayati. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning dengan Menggunakan Aplikasi Android pada Mata Pelajaran Teknik Listrik di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro,Vol. 06 No. 02.
Ibrohim., Chandra, A.P., dan Murni, Saptasari. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Virtual. Jurnal Pendidikan. (online), Vol. 1, No. 6 (http://journal.um.ac.id), diakses 27 Juni 2017.
Kusuma, F.W dan Mimin, N.A. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe THINK PAIR SHARE untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi. (online) Vol. X, No. 2 (https://journal.uny.ac.id), diakses 06 Juni 2017.
Mahmudi, Fata. 2009. Respon Masyarakat Sekitar Kampus Al-Mubarok Parung Bogor Jawa Barat terhadap Ahmadiyah. Skripsi. (online). Jakarta: Program Sarjana Universitas Syarif Hidayatullah (http://repository.uinjkt.ac.id), diakses 27 Juni 2017.
Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munir. 2013. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Matlubah, Helliyatul. 2016. Aplikasi Mobile Learning Berbasis Smartphone Android sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Universitas Wiraraja Sumenep. Skripsi. Sumenep: Program Sarjana Universitas Wiraraja.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Press.
Sadiman, A.S., R. Raharjo., Anung, H., dan Rahardjito. 2014. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran: Toeori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajara Inovatif-progresif Kosep, Landasan, dan Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2016. Jakarta: Diperbanyak oleh PR Indonesia.