Main Article Content

Ratna Yulinda
Mella Mutika Sari
Farida Hayati
Anita Rahman

Abstract

Pengembangan buku ajar yang relevan dengan situasi sekitar mahasiswa menjadi keunggulan dalam proses perkuliahan. Mikrobiologi menjadi mata kuliah yang memberikan skill tambahan bagi mahasiswa untuk berwirausaha di bidang industri pangan, kesehatan, pertanian dan peternakan.  Pengembangan buku ajar mikrobiologi berbasis bioentrepreneurship merupakan salah satu usaha pengajar dalam memfasilitasi hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas dan praktikalitas dari buku ajar yang dikembangkan menurut nilai V Aiken.  Metode penelitian menggunakan model 4D sampai pada tiga tahap yakni define, design dan develop. Hasil penelitian menunjukkan buku ajar layak untuk digunakan berdasarkan ukuran validitas dan praktikalitas.  Bahan ajar memiliki nilai validitas V 0,85 dan reliabillitas 0,89.  Perangkat ajar berupa RPS, LKM dan Lembar proyek berada dalam kategori validitas tinggi dan reliabel dengan nilai V 0,90 dan reliabilitas 0,89. Instrumen dalam kategori validitas tinggi dan reliabel dengan nilai V 0,87 dan reliabilitas 0,90.  Praktikalitas buku ajar dalam kategori praktikalitas tinggi dan nilai praktikalitas 0,95.

Article Details

How to Cite
Yulinda, R., Sari, M. M., Hayati, F., & Rahman, A. (2022). VALIDITAS DAN PRAKTIKALITAS BUKU AJAR MIKROBIOLOGI BERBASIS PROYEK BIOENTREPRENEURSHIP . LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 162-171. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.231