Main Article Content

Firda Maghfirah
Herowati Herowati

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang penyampai pesan atau informasi pembelajaran. Media visual mampu menumbuhkan minat siswa dan menghubungkan isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Komik sebagai media visual berfungsi untuk menyampaikan pesan dan menghibur. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan media komik strip sainsdan peningkatan motivasi membaca siswa setelah membaca media komik strip sains. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Reseaerch and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Sumenep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan mendapat persentase sebesar 97,44% oleh ahli materi dan 93,5% dari ahli desain dengan kategori layak. Produk yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi membaca siswa dilihat dari signifikansi sebesar 0,0 dan nilai positive ranks lebih banyak dibandingkan dengan negative ranks. Media komik yang dikembangkan juga mendapat persentase respon siswa sebesar 84,37% dengan kategori sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media komik strip sains yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi membaca siswa kelas VII SMPN 2 Sumenep.

Article Details

How to Cite
Maghfirah, F., & Herowati, H. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK STRIP SAINS “PEMANASAN GLOBAL” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA SISWA KELAS VII SMPN 2 SUMENEP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 76-84. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.24
References
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Danim, Sudarwin dan Khairil. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Depdikbud. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Harrison dan Richard. 2013. Analogi dalam Kelas Sains. Jakarta: PT Indeks.
Ignas. 2014. Membuat Komik Strip Online Gratis. Yogyakarta: ANDI.
Muhavid, Ervian Arif. 2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berpendakatan Keterampilan Proses pada Tema Bunyi di SMP Kelas VIII. Skripsi. Semarang: Program Sarjana Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, (Online), (http://lib.unnes.ac.id), diakses pada 10 Desember 2016.
Nur, Mohamad. 2005. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: UNESA-UNIVERSITY PRESS.
Pertiwi, Dwi Aji Dian. 2012. Pengaruh Minat dan Motivasi Baca terhadap Kemampuan Meresepsi Cerpen (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri Se-Kabupaten Banyumas). Skripsi. Yogyakarta: Program Sarjana Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, (Online), (http://eprints.uny.ac.id), Diakses 10 Oktober 2016.
Purwanto, Didik. 2013. Pengembangan Media Komik IPA Terpadu Tema Pencemaran Air sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, Volume 01 Nomor 01, (Online), (http://ejournal.unesa.ac.id).
Rakhmat, Jalaludin.1999. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sabri, Alisuf. Ilmu Pendidikan. Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya.
Santrock, John. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sari, Irin Purnama. 2013. Hubungan Minat Baca dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Geografi. Jurnal Vol. 1 No. 1, (Online), (http://kim.ung.ac.id), diakses 5 Oktober 2016.
Schunk D., Paul, dan Judith. 2012. Motivasi dalam Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Aplikasi. Jakarta: Indeks.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry. 1986. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trihendradi. 2014. Mengasah Memori Anak. Yogyakarta: ANDI.
Wahyuningsih, Ary Nur. 2012. Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R.Journal Of Innovative Science Education Vol. 1, No.1, (Online), (http://journal.unnes.ac.id).
Widiasworo, Erwin. 2015. 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Yatno, Sri, dan Novi. 2015. Media Pembelajaran Berbentuk Komik Berpendekatan Pengembangan Kontekstual pada Tema Bunyi untuk Siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal Vol. 4 No. 2, (Online), (http://journal.unnes.ac.id).