Main Article Content

Linda Ekawati
Joni Santoso

Abstract

Lemahnya perhatian orang tua, lingkungan yang tidak kondusif, terbatasnya kemampuan guru, jam efektif dalam KBM sering terganggu, dan kurang optimalnya penggunaan alat peraga (APP-IPA) perlu untuk diperhatikan dan dievaluasi sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam Penggunaan Alat Peraga IPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Populasi siswa kelas VIII SMPN 1 Pasongsongan tahun ajaran 2016-2017 berjumlah 70 orang, sedangkan sampel yang diteliti sebanyak 17 orang yang dipilih acak (random sampling) dengan cara diundi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga IPA mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII SMPN 1 Pasongsongan terhadap materi gaya dan gerak dalam pembelajaran IPA. Hasil kuantitatif rata-rata pemahaman siswa sebesar 70% menjawab benar pada siklus I dan meningkat sebesar 83% pada siklus II.

Article Details

How to Cite
Ekawati, L., & Santoso, J. (2018). PENGGUNAAN ALAT PERAGA IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA POKOK BAHASAN GAYA DAN GERAK SISWA KELAS VIII SMPN 1 PASONGSONGAN KABUPATEN SUMENEP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 85-88. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.25
References
Depdikbud. 2009. Garis-Garis Besar Program Pembelajaran. Jakarta: Diknas.
Dwidjowinoto, Wahjudhi. 2006 Metodologi Penelitian. Surabaya: Uniprees IKIP Surabaya.
Hadiat, Nuryani R. Yeni Hendrian Darliana. 2005 Paket IPA Kelas VIII.
TIM. SEQIP. April 2000 Buku IPA Guru Kelas VIII.
Wadani, Prof. DR I. GAK, Siti Julaeha, M.A. Ngadi Marsmah, M.Pd. 2004 Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP). Universitas Terbuka : Jakarta.
Wata Widjaya, R. Siti M Amin, Sa’adah. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Observasi dan Evaluasi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan direktorat Jenderal pendidikan tertinggi, Proyek pengembangan Guru Sekolah Menengah: Jakarta.