PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING MODULE BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan modul mobile learning berbasis android pada materi struktur dan fungsi tumbuhan untuk meningkatkan literasi digital siswa SMP. Pengembangan bahan ajar modul mobile learning berbasis android pada materi struktur dan fungsi tumbuhan ini didasari oleh kebutuhan bahan ajar yang sesuai untuk pembelajaran abad 21 yang identik dengan pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi. Metode penelitian ini adalah desain pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase validitas modul mobile learning berbasis Android adalah 91% dari rata-rata tiga validator, (2) persentase kepraktisan modul mobile learning berbasis Android adalah 96, 8%, (3) skor keefektifan modul mobile learning berbasis android adalah 0,45 yang diperoleh dari uji N-gain dan 97% dari angket respon siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa modul mobile learning berbasis android valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi digital siswa SMP.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.