PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS KULTUR MASYARAKAT PESISIR UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 5 SUMENEP
Main Article Content
Abstract
Article Details
Arsyad, A. (2013) Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Habibi, Anekawati, A. and Wati, H. D. (2012a) Hambatan Guru IPA SMP di Daerah Pesisir Sumenep untuk Mengembangkan Pembelajaran Kontekstual. Sumenep: FKIP Unija.
Habibi, Anekawati, A. and Wati, H. D. (2012b) Pembelajaran IPA Berbasis Kultur Masyarakat. Sumenep: FKIP Unija.
Husamah et al. (2016) Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.
Kunandar (2014) Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Bedasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kusuma, F. W. and Aisyah, M. N. (2012) ‘Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun Ajaran 2011/2012’, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(2), pp. 43–63.
Maharani, M. U. (2013) Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Terpadu Tema Fotosintesis Berbasis Learning Cycle untuk Siswa SMP. Universitas Negeri Semarang.
Meyhandoko, A. (2013) Pengembangan Petunjuk Praktikum Kontekstual dengan Pemanfaatan Kondisi Lingkungan Lokal dalam Pembelajaran Materi Pencemaran di SMAN 2 Rembang. Universitas Negeri Semarang.
Parmin (2013) Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Terpadu Tema Mikroskop Berbasis Inkuiri Terbimbing Bermuatan Karakter. Universitas Negeri Semarang.
Permendikbud (2013) ‘Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah’. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Available at: http://direktori.madrasah.kemenag.go.id/media/files/Permendikbud68TH2013.pdf.
Prastowo, A. (2015) Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Puspitasari, A. R. (2011) Respon Siswa SMP Negeri 3 Kelapa Bangka Belitung terhadap Film Laskar Pelangi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Rustaman, N. (2013) Peranan Praktikum dalam Pembelajaran Biologi. Bandung. Available at: http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA/195012311979032NURYANI_RUSTAMAN/PERANAN_PRAKTIKUM_DALAM_PEMBELAJARAN_BIOLOGI.pdf.
Saputra, A., Wahyuni, S. and Handayani, Ri. D. (2016) ‘Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Daerah Pesisir Puger pada Pokok Bahasan Sistem Transportasi di SMP’, Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), pp. 182–189.
Setiawan, H. W. and Wiyardi, R. S. (2015) ‘Penggunaan App Inventor dalam Pembuatan Game Education Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran yang Mandiri dan Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa TITL pada Pembelajaran Listrik Dasar SMK Muhammadiyah Majenang’, Edu Elektrika Journal, 4(1), pp. 24–30.
Subamia, I. D. P., Wahyuni, I. G. A. N. S. and Widiasih, N. N. (2015) ‘Pengembangan Perangkat Praktikum Berorientasi Lingkungan Penunjang Pembelajaran IPA SMP Sesuai Kurikulum 2013’, Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), pp. 675–685.
Sugiyono (2016) Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.
Waluyo, M. E. and Parmin (2014) ‘Pengembangan Panduan Praktikum IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Fotosintesis untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa SMP’, Unnes Science Education Journal, 3(3), pp. 677–684.
Widiadnyana, Sadia and Suastra (2014) ‘Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP’, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(2), pp. 1–13.
Yannidah, N., Kurniawan, L. and Aunillah (2013) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Aptitude Treatment Interaction pada Efektivitas Pembelajaran Matematika’, Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), pp. 1–12.
Yulaida, D. (2016) Pengaruh Metode Praktikum terhadap Motivasi dan Hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kemiri I Puspo Pasuruan. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.