STUDI AKTIVITAS BELAJAR SAINS SISWA DI SMA NEGERI 7 KERINCI
Main Article Content
Abstract
Studi aktivitas belajar sains siswa di sma negeri 7 kerinci. Studi ini bertujuan untuk mengungkapkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sains di SMA Negeri 7 Kerinci. Subjeknya adalah 90 siswa kelas XII MIPA. Kuesioner yang terdiri dari 8 pernyataan terkait pembelajaran sains dan 24 pernyataan aktivitas menjadi instrumen penelitian. Data aktivitas dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis ditunjukkan dari berbagai sudut pandang. Dari sudut pandang aspek aktivitas, terdapat satu aspek yang tergolong sangat aktif, yaitu aktivitas motorik (4.09). Sebagian besar aspek tergolong aktif, yaitu aktivitas mendengar, oral, visual, menggambar, menulis, dan emosional. Kemudian terdapat satu aspek tergolong kurang aktif, yaitu aktivitas mental (2.92). Dari sudut pandang siswa, rata-rata skor aktivitas siswa sebesar 3.46. Secara umum siswa tergolong sebagai siswa yang aktif. Hanya 10 siswa cenderung pasif. Aktivitas siswa berdasarkan kelas tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Namun berdasarkan gender dapat disimpulkan secara naif bahwa siswa perempuan cenderung lebih aktif dibandingkan dengan siswa laki-laki. Hasil studi ini kemudian dapat difokuskan dengan mempelajari salah satu aspek aktivitas secara mendalam dan mengintegrasikan aktivitas belajar dengan konten, mata pelajaran, aspek pedagogi dan teknologi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.