ANALISIS FIELD STUDY DAN HASIL BELAJAR CALON GURU IPA
Main Article Content
Abstract
Kompetensi mengajar sebagai acuan dalam mengelola pembelajaran. Kompetensi mengajar tidak secara instan bisa dimiliki oleh guru bahkan calon guru pun harus bisa menguasai kompetensi mengajar. Implementasi kompetensi mengajar dapat dilakukan melalui field study (praktik mengajar). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan field study dan hasil belajar calon guru IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah single subject research. Variabel penelitian terdiri dari field study dan hasil belajar calon guru. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan uji t paired. Hasil penelitian menunjukkan (1) field study (praktik mengajar) calon guru dinyatakan baik dalam pelaksanaan kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran dan kegiatan penutup pembelajaran, (2) ada pengaruh pembelajaran field study terhadap hasil belajar calon guru IPA dengan nilai signifikasi 0.000 < 0.05. Dengan demikian, penerapan field study terbilang baik untuk diterapkan dalam pembelajaran karena sebelum calon guru melakukan field study, dosen pengampu memberi contoh terlebih dahulu tentang teknik mengajar, merencanakan pembelajar hingga mengontrol pembelajaran dan melakukan evaluasi pembelajaran.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.