Main Article Content

Lina Arifah Fitriyah
Noer Af'idah
Nur Hayati

Abstract

Kompetensi mengajar sebagai acuan dalam mengelola pembelajaran. Kompetensi mengajar tidak secara instan bisa dimiliki oleh guru bahkan calon guru pun harus bisa menguasai kompetensi mengajar. Implementasi kompetensi mengajar dapat dilakukan melalui field study (praktik mengajar).  Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan field study dan hasil belajar calon guru IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah single subject research. Variabel penelitian terdiri dari field study dan hasil belajar calon guru. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan uji t paired. Hasil penelitian menunjukkan (1) field study (praktik mengajar) calon guru dinyatakan baik dalam pelaksanaan kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran dan kegiatan penutup pembelajaran, (2) ada pengaruh pembelajaran field study terhadap hasil belajar calon guru IPA dengan nilai signifikasi 0.000 < 0.05. Dengan demikian, penerapan field study terbilang baik untuk diterapkan dalam pembelajaran karena sebelum calon guru melakukan field study, dosen pengampu memberi contoh terlebih dahulu tentang teknik mengajar, merencanakan pembelajar hingga mengontrol pembelajaran dan melakukan evaluasi pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Fitriyah, L. A., Af’idah, N., & Hayati, N. (2024). ANALISIS FIELD STUDY DAN HASIL BELAJAR CALON GURU IPA. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(2), 111-119. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i2.365

Author Biographies

Lina Arifah Fitriyah, Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan

Noer Af'idah, Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan

Nur Hayati, Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan