ANALISIS MANAJEMEN LABORATORIUM BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDAR LAMPUNG
Main Article Content
Abstract
Analisis Manajemen Laboratorium Biologi di Sekolah Menengah Atas di Kota Bandar Lampung. Pendidikan di Sekolah Menengah Atas merupakan fase kritis dalam perkembangan akademik siswa yang memerlukan pengalaman dalam kehidupan nyata. Laboratorium berperan penting dalam menunjang proses pembelajaran, memberikan pengalaman langsung, menerapkan teori, dan menggali ilmu pengetahuan. Namun dalam praktiknya, tidak semua laboratorium biologi beroperasi secara optimal; tantangan dan hambatan yang mungkin timbul sehingga memerlukan pengelolaan yang memadai dan profesional sesuai dengan prinsip standar pengelolaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan laboratorium biologi di kota Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan observasi. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria akreditasi A dan B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat indikator yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yaitu SMA A, SMA B, dan SMA D memperoleh kriteria baik, sedangkan SMA C memperoleh kriteria kurang baik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.