Main Article Content

Aulia Novitasari Aulia
Siti Nurjanah
Meita Dwi Solviana

Abstract

Analisis Manajemen Laboratorium Biologi di Sekolah Menengah Atas di Kota Bandar Lampung. Pendidikan di Sekolah Menengah Atas merupakan fase kritis dalam perkembangan akademik siswa yang memerlukan pengalaman dalam kehidupan nyata. Laboratorium berperan penting dalam menunjang proses pembelajaran, memberikan pengalaman langsung, menerapkan teori, dan menggali ilmu pengetahuan. Namun dalam praktiknya, tidak semua laboratorium biologi beroperasi secara optimal; tantangan dan hambatan yang mungkin timbul sehingga memerlukan pengelolaan yang memadai dan profesional sesuai dengan prinsip standar pengelolaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan laboratorium biologi di kota Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan observasi. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria akreditasi A dan B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat indikator yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yaitu SMA A, SMA B, dan SMA D memperoleh kriteria baik, sedangkan SMA C memperoleh kriteria kurang baik.

Article Details

How to Cite
Aulia, A. N., Nurjanah, S., & Dwi Solviana, M. (2024). ANALISIS MANAJEMEN LABORATORIUM BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDAR LAMPUNG. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(2), 69-74. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i2.469