Main Article Content

Amin Nun Nasih
Muliati Syam
Atin Nuryadin

Abstract

Dalam pendidikan, tingkat keterampilan berpikir kritis sangat bermanfaat sebagai bekal untuk menghadapi era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode pembelajaran yang inovatif, yaitu pendekatan environmental learning dengan problem-based learning, dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP Negeri 9 Samarinda pada materi pemanasan global. Penelitian ini adalah penelitian berjenis kuantitatif dengan metode pre-eksperimen menggunakan one-group pretest-posttest design. Sebanyak 31 peserta didik kelas VIID terlibat alam penelitian ini yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes esai pretest-posttest. Data hasil penelitian diuji menggunakan uji normalitas, uji N-gain, dan uji-t berpasangan. Hasil uji N-gain sebesar 0.4 menunjukkan bahwa terdapat peningkatan berpikir kritis peserta didik pada kategori “sedang”. Hasil uji-t sebesar thitung 10.328 > ttabel 2.042 menunjukkan adanya pengaruh dari penerapan environmental learning menggunakan problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global. Hasil ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang inovatif seperti ini dapat menjadi strategi efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, yang sangat dibutuhkan dalam era globalisasi.

Article Details

How to Cite
Nun Nasih, A., Syam, M., & Nuryadin, A. (2024). PENDEKATAN ENVIRONMENTAL LEARNING DENGAN PROBLEM-BASED LEARNING: PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 9 SAMARINDA. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(2), 104-110. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i2.546