EFEKTIFITAS MEDIA VIRTUAL LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA
Main Article Content
Abstract
Efektifitas media virtual laboratory terhadap kemampuan literasi sains dan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Perkembangan zaman menuntut siswa memiliki kemampuan literasi sains dan kemandirian belajar yang dapat diperoleh melalui pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas penggunaan media virtual laboratory terhadap kemampuan literasi sains dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan data penelitian diambil menggunakan instrumen tes dan kuesioner. Data tes dianalisis menggunakan N-Gain sedangkan data hasil kuesioner dianalisis menggunakan kategori skor. Media virtual laboratory dikatakan efektif jika skor N-Gain minimal termasuk kategori sedang dan skor kemandirian belajar siswa minimal termasuk kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media virtual laboratory dapat meningkatkan skor kemampuan literasi sains siswa dalam kategori tinggi dan membuat skor kemandirian belajar siswa menjadi tinggi. Dapat disimpulkan bahwa media virtual laboratory efektif untuk menanamkan kemampuan literasi sains dan kemandirian belajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan dalam konsep atau mata pelajaran lain untuk menananamkan kemampuan literasi sains dan kemandirian belajar pada siswa.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.