Main Article Content

Rony Harianto
Khotibul Umam
Khoirun Nisa’ Andawiyah
Ahmad Dhani

Abstract

Efektifitas media virtual laboratory terhadap kemampuan literasi sains dan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Perkembangan zaman menuntut siswa memiliki kemampuan literasi sains dan kemandirian belajar yang dapat diperoleh melalui pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas penggunaan media virtual laboratory terhadap kemampuan literasi sains dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan data penelitian diambil menggunakan instrumen tes dan kuesioner. Data tes dianalisis menggunakan N-Gain sedangkan data hasil kuesioner dianalisis menggunakan kategori skor. Media virtual laboratory dikatakan efektif jika skor N-Gain minimal termasuk kategori sedang dan skor kemandirian belajar siswa minimal termasuk kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media virtual laboratory dapat meningkatkan skor kemampuan literasi sains siswa dalam kategori tinggi dan membuat skor kemandirian belajar siswa menjadi tinggi. Dapat disimpulkan bahwa media virtual laboratory efektif untuk menanamkan kemampuan literasi sains dan kemandirian belajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan dalam konsep atau mata pelajaran lain untuk menananamkan kemampuan literasi sains dan kemandirian belajar pada siswa.

Article Details

How to Cite
Harianto, R., Umam, K., Nisa’ Andawiyah, K., & Dhani, A. (2024). EFEKTIFITAS MEDIA VIRTUAL LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(2), 95-103. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i2.565