Main Article Content

Dariah Meitaza Firdaus
Sriyanti I
Marlina L

Abstract

Analisis Kebutuhan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Materi Filtrasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Lembar Kerja Peserta Didik elektronik menjadi aspek penting dalam pembelajaran IPA dan menjadi jembatan untuk meningkatkankan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis perlunya pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning. Materi penyaringan dan pemisahan zat dapat diajarkan sesuai dengan keadaan di sekitar peserta didik sehingga dapat melibatkan peserta didik dalam pembelajarannya dan menjadikan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survei melalui angket kebutuhan peserta didik dan wawancara kepada guru IPA di SMP N 1 Air Kumbang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Analisis ini dilakukan berdasarkan 4 indikator yaitu (1) kebutuhan pembelajaran; (2) kebutuhan E-LKPD; (3) pengembangan keterampilan berpikir kritis; dan kesiapan dan sumber daya. Berdasarkan hasil analisis, 93,8% peserta didik tertarik untuk menggunakan membran nanofiber pada materi filtrasi dan 93,8% peserta didik membutuhkan pengembangan E-LKPD berbasis masalah sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Sehingga E-LKPD yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Firdaus, D. M., I, S., & L, M. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI FILTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(2), 120-128. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i2.577