ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU PEGANGAN SISWA IPA SMP KELAS VII SEMESTER 2 KURIKULUM 2013
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter pada buku pegangan Siswa IPA SMP kelas VII semester 2 kurikulum 2013 dan kesesuaian nilai-nilai karakter dengan nilai-nilai karakter yang tercantum dalam Permendikbud No. 21 tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek utama yang digunakan berupa buku pegangan siswa berjudul Ilmu Pengetahuan Alam SMP/ MTs Kelas VII Semester 2 cetakan ke-3 tahun 2016 (edisi revisi). Unit analisis adalah nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku pegangan siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis isi dan pencatatan secara cermat terhadap buku pegangan siswa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pegangan siswa IPA SMP Kelas VII semester 2 berbasis kurikulum 2013 memuat nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan uraian nilai-nilai karakter yang tercantum dalam Permendikbud No. 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Kurikulum 2013 untuk sekolah dasar dan menengah yaitu religius, jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan tanggung jawab. Selain ke tujuh nilai karakter yang tercantum dalam Permendikbud No. 21 tahun 2016 tersebut di dalam buku pegangan siswa juga ditemukan 8 nilai karakter lain yaitu kreatif, rasa ingin tahu, menghargai kerja individu/kerja kelompok/pendapat orang lain, komunikatif, teliti, mandiri, gemar membaca dan kerjasama.
Article Details
and Arabic (AFL) Textbooks in Iran:A Critical Discourse Analysisâ€. The
Humanities and Social Sciences Collection,Vol. 8, No. 3, pp. 1-13.
Bohlin, K. E. 2005. Teaching Character Education Through Literature, Awakening the Moral Imagination in Secondary Classrooms.London: Routledge Falmer.
Chabalengula, V.M., Mumba F., Lorsbach T. & Moore C. 1993. Curriculum and Instructional Validity of the Scientific Literacy Themes Covered in Zambian High School Biology Curriculum. International Journal of Environmental & Science Education 3 (4):207-220.
Daryanto & Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (silabus, RPP, PHB, bahan ajar). Yogyakarta: Gava Media.
[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013b. Permendikbud No 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kemdikbud.
[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Permendikbud No 21 tahun 2015 tentang Gerakan Literasi. Jakarta: Kemendikbud.
[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Permendikbud No 8 tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.
[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Permendikbud No 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
[Kemdikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Permendikbud No 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Krippendorf, K. 2013. Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. ThousandOaks: SAGE
Lewis, S. V., Robinson, E. H., & Hayes, G.(2013). Implementing an Authentic
Character Education Curriculum.Olney: Taylor & Francis Ltd.
Lickona, T. 2008. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Terjemahan Irfan M. Zakkie: 2013
Pudlao, J. (2012, September 20). 10Scientific Attitudes. Retrieved from
Prezi:https://prezi.com/nki7ppk1gozo/10- scientific-attitudes/
Ridwan & Mudiono. 2017. Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan. Jurnal wahana sekolah dasar (Kajian Teori dan Praktik Pendidikan) Tahun 25, Nomor 1,Januari 2017.
Siwi, dkk. 2016. Analisis Muatan Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Pelajaran IPA Kurikulum 2013 pada Materi Biologi Kelas VII SMP. Unnes Journal of Biology Education 5 (2) (2016) : 207-213
Widodo, dkk. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.