Main Article Content

Muhsinah Annisa
Andi Wilda Indra Nanna
Ahsan Sofyan
Dedi Kusnadi

Abstract

Guru profesional harus memiliki 4 kompetensi, salah satunya yaitu  kompetensi pedagogik, dalam kompetensi pedagogik, salah satu aspek yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu dalam melakukan penilaian dan evaluasi. Hal ini mengacu pada Permendikbud No. 66 tahun 2013 bahwa penilaian yang dibuat harus berdasarkan acuan penilaian bagi pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah pada satuan pendidikan dasar dan menengah. Berdasarkan wawancara dengan guru-guru di SDN 004 Malinau Barat,  terdapat permasalahan dalam pembuatan soal. guru belum mengikuti kaidah penulisan soal, hal itu menyebabkan hasil belajar siswa belum sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Pelatihan Pengabdian Masyarakat menggunakan metode ceramah, penugasan dan diskusi serta pendampingan pembuatan kisi-kisi soal dan penyusunan soal. Langkah-langkah kegiatan yaitu dengan pelatihan berupa teori, penugasan secara mandiri dan diskusi. Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru sekolah dasar di Kabupaten Malinau. Data angket yang diberikan kepada peserta menunjukkan bahwa 58,3% merupakan hal yang baru, 75 % pelatihan ini sangat membantu dalam pelaksanaan tugas, 100% peserta memperoleh tambahan pengetahuan dan keterampilan dan pelatihan sangat efektif. 91,3% mengatakan waktu seimbang dengan materi dan, dan 100% menyatakan perlu ada pelatihan lanjutan.

 

Article Details

How to Cite
Annisa, M., Nanna, A. W. I., Sofyan, A., & Kusnadi, D. (2019). PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN TES, KONSTRUKSI DAN ANALISIS BUTIR SOAL DI WILAYAH 2T. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 46 - 51. https://doi.org/10.24929/lensa.v9i2.63
References
Annisa, Muhsinah, & Hamid, H. (2017). Pengembangan profesionalisme guru melalui pelatihan penyusunan karya tulis ilmiah di wilayah pedalaman. Widya laksana, 5(2), 81-84.
Annisa, M. (2017). Pemahaman Aspek-Aspek dalam Hakikat Sains (Nature of Science) oleh Guru Sekolah Dasar di Wilayah 4P (Pedalaman, Perbatasan, Perkotaan, dan Pesisir). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 241-246.
Annisa, Muhsinah. The misconceptionsof natural science (IPA) in primary school teachers in rural areas of north kalimantan. 2nd icet theme:“improving the quality of education and training through strengthening networking”, 604.
Annisa, M., & Listiani, M. (2017). Elementary School Teachers' Understanding of Nature of Science: A Study on Rural, Bordered, Coastal, and Urban Areas of North Kalimantan. In 1st International Conference on Social Sciences Education-" Multicultural Transformation in Education, Social Sciences and Wetland Environment"(ICSSE 2017). Atlantis Press.
Kunandar. (2007) Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mardapi, Djemari. 2012. Pengukuran, Penilaian, Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika
Undang-undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat 3
Usman, M. Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Author Biographies

Muhsinah Annisa, Universitas Borneo Tarakan

PGSD

Andi Wilda Indra Nanna, Universitas Borneo Tarakan

PGSD

Ahsan Sofyan, Universitas Borneo Tarakan

PGSD

Dedi Kusnadi, Universitas Borneo Tarakan

PGSD