Main Article Content

Frisda
Badrud

Abstract

Profil literasi sains siswa SMP Negeri di Kecamatan Burneh. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan literasi sains siswa SMP Negeri di Kecamatan Burneh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pendekatan deskriptif, teknik purposive sampling. Siswa SMPN 1 dan 2 Burneh merupakan populasi penelitian ini. SMPN 1 Burneh dengan 20 siswa dan SMPN 2 Burneh dengan 28 siswa sebagai sampel. Hasil tes menyatakan bahwa rata-rata skor literasi sains kedua sekolah sebesar 48,59 dengan kategori kurang baik. Tidak ada siswa pada kategori sangat baik (0%), 3 siswa berada pada kategori baik (6%), 25 siswa masuk kategori cukup baik (52%), dan 20 siswa masuk kategori kurang baik (42%). Adapun pencapaian siswa dalam masing-masing aspek kompetensi literasi sains memiliki persentase yang berbeda-beda. Hasil tersebut menunjukkan masih perlu berbagai upaya untuk meningkatkan literasi sains siswa. Namun secara keseluruhan masih tergolong cukup baik dan masih memungkinkan untuk perbaikan pada aspek kompetensi yang lebih rendah.

Article Details

How to Cite
Anjelina, F., & Tamam, B. (2025). PROFIL LITERASI SAINS SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN BURNEH. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 15(2), 65-72. https://doi.org/10.24929/lensa.v15i2.637