VALIDITAS BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM BIOLOGI DASAR BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN IPA DI UNIVERSITAS WIRARAJA
Main Article Content
Abstract
Pendekatan pembelajaran yang dapat membangun literasi sains mahasiswa dapat menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran berbasis masalah sejalan dengan tujuan membangun literasi sains peserta didik (Abidin, Mulyani, & Yunansah, 2018). Tujuan penelitian adalah (1) apakah buku petunjuk praktikum Biologi Dasar berbasis pemecahan masalah yang dikembangkan valid sebagai buku petunjuk praktikum; dan (2) bagaimana tingkat keterbacaan buku petunjuk praktikum Biologi Dasar berbasis pemecahan masalah. Subjek penelitian adalah mahasiswa Biologi Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh (Thiagarajan, Semmel, & Semmel, 1974) yaitu 4D. Penelitian ini menggunakan tahapan (Define) Pendefinisian; (Design) Perancangan dan (Develop) pengembangan. Data validitas buku petunjuk praktikum diperoleh dari hasil penilaian ahli desain dan ahli materi. Data tingkat keterbacaan buku petunjuk praktikum diukur menggunakan tes klos (tes rumpang). Hasil penelitian bahwa (1) buku petunjuk praktikum berbasis pemecahan masalah valid berdasarkan nilai validasi materi sebesar 94% (kategori baik) dan validasi desain sebesar 90% (kategori baik). Artinya ada kesesuaian buku petunjuk praktikum Biologi dasar dengan tujuan praktikum dan kesesuaian kalimat pada buku petunjuk praktikum berdasarkan EBI; (2) hasil uji keterbacaan buku petunjuk praktikum berbasis pemecahan masalah 100%. Artinya ada buku petunjuk praktikum yang dikembangkan dalam kategori mudah dipahami oleh mahasiswa.
Article Details
Aqil, D. I. (2017). Literasi Sains sebagai Konsep Pembelajaran Buku Ajar Biologi di Sekolah. Wacana Didaktika Jurnal Pemikiran, Penelitian Pendidikan Dan Sains, 5(2), 160–171.
Arend, I. R. (2012). Learning to Teach. New York: Mc Graw-Hill.
Arikunto, S. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan: Bumi Aksara. Jakarta.
Budiarti, W., & Oka, A. A. (2014). Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Berbasis Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Untuk Siswa SMA Kelas XI Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 123–130.
Budiningsih, T. Y., Rusilowati, A., & Marwoto, P. (2015). Pengembangan Buku Ajar IPA Terpadu Berorientasi Literasi Sains Materi Energi dan Suhu. Journal of Innovative Science Education, 4(2), 34–40.
Damaianti, V. S. (1991). Teknik Klos sebagai Alat Ukur dalam Menentukan Kesangkilan Wacana Bahasa Indonesia. Skripsi, Tidak Diterbitkan). Bandung FPBS IKIP.
Drs Daryanto, Drs Syaiful Karim, M. . (2017). Pembelajaran Abad 21. In Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta.
Fauziah, N. (2018). Validitas Penuntun Praktikum Biologi Umum Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Mahasiswa. Indonesian Biologi Teachers, 1(2), 42–45.
Hamdani, S. B. M. (2011). Bandung: CV. Pustaka Setia.
Kurnia, W. H., Sugianto, S., & Marwoto, P. (2017). LKS BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(1), 9–15.
Nengsi, S. (2016). Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Umum Berbasis Inkuiri Terbimbing Mahasiswa Biologi STKIP Payakumbuh. JURNAL IPTEKS TERAPAN, 10(1), 47–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22216/jit.2016.v10i1.343
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Jogjakarta: Diva Press.
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Rahayu, S., Sapri, J., & Alexon, A. (2017). The Implementation of Problem Based Learning (Pbl) for Improving Critical Thinking and Student’s Achievement. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 98–110.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59–72.
Sumarli, Murdani, E., & Wijaya, A. K. (2017). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Fisika : Pengujian Jenis Kawat Konduktor Komersial. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(2), 30–34.
Suryadi, A. (2007). Tingkat keterbacaan wacana sains dengan teknik klos. Jurnal Sosioteknologi, 6(10), 196–200.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. In ERIC. Indiana: ERIC.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 196–203. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.585
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.