Main Article Content

Herowati Herowati
Lutfiana Fazat Azizah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku kerja media pembelajaran IPA berbasis kontekstual sebagai penunjang mata kuliah media pembelajaran ditinjau dari validasi ahli. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan 4D (four D) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develope (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini terbatas hanya pada tahap define, design, dan develope. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu kelayakan buku kerja media pembelajaran IPA berbasis kontekstual didapatkan dari hasil validasi aspek materi 96%, desain memperoleh rata-rata persentase 98% dan respon mahasiswa 95% dengan kategori sangat layak sehingga buku kerja media pembelajaran IPA berbasis kontekstual dapat digunakan.

Article Details

How to Cite
Herowati, H., & Azizah, L. F. (2019). PENGEMBANGAN BUKU KERJA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI PENUNJANG MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 64 - 81. https://doi.org/10.24929/lensa.v9i2.71
References
Darmawan, Deni. (2014) Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Kedua. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Darman, R. D. Wibowo F. C., Putra A., dan Hasra A. (2017) ‘Pengembangan Buku Kerja Fisika Berbasis Kontekstual pada Konsep Suhu dan Kalor, Jurnal Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(2), pp. 120-123. Available at: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Gravity.
Dwiyogo, Wasis. (2013). Media Pembelajaran. Malang. Wineka Media.
Habibi, Anekawati, A. and Wati, H. D. (2012) Pembelajaran IPA Berbasis Kultur Masyarakat Pesisir. Sumenep: FKIP Press.
Hanafiah dan Suhana, (2010) Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PTRefika Aditama.
Maudiarti, Santi. dkk. 2007. Prisip Disain Pembelajaran: Buku Kerja. Jakarta : Kencana.
Mujiono, Puji. 2007. Kegiatan penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Buletin BSNP, 1(2), pp 14-23. Available at: http://www.bsnp-indonesia.org. (Accessed: 15 April 2019).
Prabowo, C. A., Ibrohim and Saptasari, M. (2016) ‘Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Virtual’, Jurnal Pendidikan, 1(6), pp. 1090–1097. Available at: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/7213/3212.
Santrock, J. W. (2010) Psikologi Pendidikan. 2nd edn. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sari, V. K. (2015) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Subtema 2 Lingkungan Sekitar Rumahku Kelas I SDN Genukwatu IV Ngoro Jombang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Available at: etheses.uin-malang.ac.id/5533/1/11140069.pdf.
Setiawan, H. W. and Wiyardi, R. S. (2015) ‘Penggunaan App Inventor dalam Pembuatan Game Education Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran yang Mandiri dan Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa TITL Pada Pembelajaran Listrik Dasar SMK Muhammadiyah Majenang’, Edu Elektrika Journal, 4(1). Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduel/article/view/7781 (Accessed: 24 July 2019).
Suprijono, A. (2009) Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S. and Semmel, M. I. (1974) Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Available at: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf (Accessed: 19 May 2019).
Waluyo, M. E. and Parmin, P. (2014) ‘Pengembangan Panduan Praktikum IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Fotosintesis untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa SMP’, Unnes Science Education Journal, 3(3), pp. 677–684. Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/4286 (Accessed: 29 March 2019).
Widiadnyana, I. W., Sadia, W. and Suastra, W. (2014) ‘Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). Available at: http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344 (Accessed: 16 August 2019).
Wisudawati, A. W. and Sulistyowati, E. (2014) Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Wulandari, Y. (2017) ‘KELAYAKAN ASPEK MATERI DAN MEDIA DALAM PENGEMBANGAN BUKU AJAR SASTRA LAMA’, Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2). doi: 10.22202/jg.2017.v3i2.2049.
Yogananti, A. F. (2015) ‘Pengaruh Psikologi Kombinasi Warna dalam Website’, Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(1), pp. 45–54. Available at: https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/956.