PENGEMBANGAN BUKU KERJA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI PENUNJANG MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku kerja media pembelajaran IPA berbasis kontekstual sebagai penunjang mata kuliah media pembelajaran ditinjau dari validasi ahli. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan 4D (four D) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develope (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini terbatas hanya pada tahap define, design, dan develope. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu kelayakan buku kerja media pembelajaran IPA berbasis kontekstual didapatkan dari hasil validasi aspek materi 96%, desain memperoleh rata-rata persentase 98% dan respon mahasiswa 95% dengan kategori sangat layak sehingga buku kerja media pembelajaran IPA berbasis kontekstual dapat digunakan.
Article Details
Darman, R. D. Wibowo F. C., Putra A., dan Hasra A. (2017) ‘Pengembangan Buku Kerja Fisika Berbasis Kontekstual pada Konsep Suhu dan Kalor, Jurnal Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(2), pp. 120-123. Available at: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Gravity.
Dwiyogo, Wasis. (2013). Media Pembelajaran. Malang. Wineka Media.
Habibi, Anekawati, A. and Wati, H. D. (2012) Pembelajaran IPA Berbasis Kultur Masyarakat Pesisir. Sumenep: FKIP Press.
Hanafiah dan Suhana, (2010) Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PTRefika Aditama.
Maudiarti, Santi. dkk. 2007. Prisip Disain Pembelajaran: Buku Kerja. Jakarta : Kencana.
Mujiono, Puji. 2007. Kegiatan penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Buletin BSNP, 1(2), pp 14-23. Available at: http://www.bsnp-indonesia.org. (Accessed: 15 April 2019).
Prabowo, C. A., Ibrohim and Saptasari, M. (2016) ‘Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Virtual’, Jurnal Pendidikan, 1(6), pp. 1090–1097. Available at: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/7213/3212.
Santrock, J. W. (2010) Psikologi Pendidikan. 2nd edn. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sari, V. K. (2015) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Subtema 2 Lingkungan Sekitar Rumahku Kelas I SDN Genukwatu IV Ngoro Jombang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Available at: etheses.uin-malang.ac.id/5533/1/11140069.pdf.
Setiawan, H. W. and Wiyardi, R. S. (2015) ‘Penggunaan App Inventor dalam Pembuatan Game Education Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran yang Mandiri dan Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa TITL Pada Pembelajaran Listrik Dasar SMK Muhammadiyah Majenang’, Edu Elektrika Journal, 4(1). Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduel/article/view/7781 (Accessed: 24 July 2019).
Suprijono, A. (2009) Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S. and Semmel, M. I. (1974) Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Available at: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf (Accessed: 19 May 2019).
Waluyo, M. E. and Parmin, P. (2014) ‘Pengembangan Panduan Praktikum IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Fotosintesis untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa SMP’, Unnes Science Education Journal, 3(3), pp. 677–684. Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/4286 (Accessed: 29 March 2019).
Widiadnyana, I. W., Sadia, W. and Suastra, W. (2014) ‘Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). Available at: http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344 (Accessed: 16 August 2019).
Wisudawati, A. W. and Sulistyowati, E. (2014) Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Wulandari, Y. (2017) ‘KELAYAKAN ASPEK MATERI DAN MEDIA DALAM PENGEMBANGAN BUKU AJAR SASTRA LAMA’, Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2). doi: 10.22202/jg.2017.v3i2.2049.
Yogananti, A. F. (2015) ‘Pengaruh Psikologi Kombinasi Warna dalam Website’, Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(1), pp. 45–54. Available at: https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/956.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.