Main Article Content

Muhammad Ashar Fuadi Fuadi
Fauzan Najib Fauzan
Rikha Farikha Rikha

Abstract

Penelitian ini merupakan implementasi model pembelajaran Argument Driven Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMA materi energi kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dalam mengimplementasikan model pembelajaran Argument Driven Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMA materi energi kelas XI. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMAN Boja Kendal tahun ajaran 2023-2024. Sampel penelitian menggunakan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 80,28 yang dibantu dengan model pembelajaran Argument Driven Inquiry, sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol sebesar 75,94 dengan Cooperative Quided Inquiry. Model pembelajaran Argument Driven Inquiry pada materi energi meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, skor N-Gain yang didapatkan adalah 0,55 yang termasuk kategori “Sedang”. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Argument Driven Inquiry dan persentase yang didapatkan sebesar 55,29 % dan termasuk dalam kategori “Cukup Efektif”. Hasil nilai rata-rata dan N-Gain tersebut membuktikan adanya peningkatan terhadap hasil belajar kognitif. Hasil perhitungan one tail pihak kanan juga mendapatkan nilai thitung =3,934 > ttabel = 1,688, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya model pembelajaran Argument Driven Inquiry efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dibanding model pembelajaran Cooperative Quided Inquiry.

Article Details

How to Cite
Fuadi, M. A. F., Fauzan, F. N., & Rikha, R. F. (2025). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SMA MATERI ENERGI. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 15(2), 122-131. https://doi.org/10.24929/lensa.v15i2.812