IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SMA MATERI ENERGI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan implementasi model pembelajaran Argument Driven Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMA materi energi kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dalam mengimplementasikan model pembelajaran Argument Driven Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMA materi energi kelas XI. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMAN Boja Kendal tahun ajaran 2023-2024. Sampel penelitian menggunakan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 80,28 yang dibantu dengan model pembelajaran Argument Driven Inquiry, sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol sebesar 75,94 dengan Cooperative Quided Inquiry. Model pembelajaran Argument Driven Inquiry pada materi energi meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, skor N-Gain yang didapatkan adalah 0,55 yang termasuk kategori “Sedang”. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Argument Driven Inquiry dan persentase yang didapatkan sebesar 55,29 % dan termasuk dalam kategori “Cukup Efektif”. Hasil nilai rata-rata dan N-Gain tersebut membuktikan adanya peningkatan terhadap hasil belajar kognitif. Hasil perhitungan one tail pihak kanan juga mendapatkan nilai thitung =3,934 > ttabel = 1,688, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya model pembelajaran Argument Driven Inquiry efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dibanding model pembelajaran Cooperative Quided Inquiry.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.