STUDI LITERATUR: PENGEMBANGAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA
Main Article Content
Abstract
Studi literatur: pengembangan LKPD untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk mengkaji berbagai pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP pada mata pelajaran IPA. Literasi sains dipahami sebagai kemampuan siswa dalam memahami konsep ilmiah, menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, serta mengambil keputusan berdasarkan data dan pertimbangan ilmiah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode systematic literature review mengacu pada pedoman PRISMA dengan meninjau berbagai artikel tahun 2021-2025. Kata kunci yang digunakan adalah “pengembangan LKPD", "literasi sains siswa SMP", dan "pembelajaran IPA. Dari 95 artikel diseleksi 6 artikel utama untuk dianalisis. Proses review terdiri dari lima tahapan yaitu menemukan literatur yang relevan, melakukan evaluasi sumber studi literatur, melakukan identifikasi tema, membuat struktur garis besar, dan menyusun ulasan studi literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa LKPD yang dirancang dengan pendekatan tersebut mampu meningkatkan literasi sains secara signifikan, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Selain itu, pemanfaatan media digital seperti E-LKPD dan platform interaktif turut memperkuat efektivitas pembelajaran dan keterlibatan siswa. Dengan demikian, pengembangan LKPD berbasis literasi sains dapat menjadi strategi penting untuk menciptakan pembelajaran IPA yang aktif, kontekstual, dan relevan dengan kehidupan nyata siswa SMP.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.