Main Article Content

M. Syaiful Rahman

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sarana dan prasarana laboratorium IPA di SMPN 4 Sumenep Tahun Pelajaran 2014/2015 berdasarkan standar dalam Permendiknas 24/2007. Fokus penelitian ini adalah pada aspek daya dukung fasilitas laboratorium IPA SMPN 4 Sumenep meliputi standar ruang dan sarana Laboraotorium IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode komparatif. Data penelitian dikumpulkan melalui daftar checklist, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan skoring dan metode interaktif Miles dan Huberman kemudian diperiksa kebenarannya menggunakan triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa daya dukung sarana dan prasarana laboratorium IPA SMPN 4 Sumenep hanya 67,75% memenuhi standar Permendiknas no. 24 tahun 2007. Hal ini disebabkan kurangnya kontroling dari pengelola sehingga banyak alat rusak dan tidak segera ditangani, beberapa alat lainnya tidak mencukupi untuk praktikum, kurangnya pemasangan soket listrik, dan lainnya.

Article Details

How to Cite
Rahman, M. S. (2017). KAJIAN STANDARISASI SARANA PRASARANA LABORATORIUM IPA BERDASARKAN PERMENDIKNAS NO. 24 TAHUN 2007 DI SMPN 4 SUMENEP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(1). https://doi.org/10.24929/lensa.v7i1.18
References
Decaprio, Richard. 2013. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah : IPA, Bahasa, Komputer, dan Kimia. Jogjakarta : Diva Press.
Depdiknas. TT. Panduan Model Pembelajaran Terpadu IPA SMP/MTs/SMPLB. Jakarta : Depdiknas (Bagian Proyek Pengembangan Kurikulum).
Hamid, A.A. 2011. Sistem Manajemen Laboratorium MIPA. Makalah diseminarkan dalam Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Laboratorium IPA SMP/MTs bagi pengelola (Kepala / Laboran / Teknisi) laboratorium IPA SMP/MTs. Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY, pada tanggal 27 s/d 31 Desember 2011.
Hofstein, A dan Vincent N. Lunetta. (2003). The laboratory in science education: Foundations for the Twenty-first Century. [Versi Elektronik].
Katili, Sundoro., Wayan Sadia., dan Ketut Suma. 2013. Analisis Sarana dan Intensitas Penggunaan Laboratorium Fisika Serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Jembrana. Singaraja : Vol. 3 Tahun 2013. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Prodi IPA.
Kemendikbud. 1999. Pelatihan Teknisi Pengelolaan Laboratorium IPA. Jakarta: Depdikbud.
Mastika, I Nyoman., Putu Adnyana., dan I Gusti Agung S. 2014. Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri Kota Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Prodi IPA. Vol. 4 Tahun 2014.
Parmin., Kasmui., Marianti., dan Sunarno. 2012. Modul Diklat Laboratorium IPA. http://ipa.unnes.ac.id/wpcontent/uploads/2012/10/Bahan-Modul-Diklat-Lab-IPA.doc. diakses tanggal 2 Juni 2014.
Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. [Versi Elektonik].