Main Article Content

Desy Ariesta Safriani
Habibi Habibi
Henny Diana Wati

Abstract

Terbatasnya bahan belajar mahasiswa dan diberlakukannya kurikulum baru yaitu kurikulum berbasis KKNI membuat mahasiswa kesulitan mencari bahan ajar yang sesuai, maka dari itu diperlukan sebuah usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya melalui pengembangan bahan ajar, yaitu modul berbasis KKNI. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk dan isi modul mata kuliah Fluida, untuk mengetahui hasil belajar dan respon mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan IPA FKIP UNIJA setelah menggunakan modul yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research & Developmet dengan mengadopsi model dari Sugiyono. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji t sampel berpasangan dan menggunakan uji regresi dummy, sedangkan pada respon mahasiswa menggunakan analisis deskriptif berupa persentase. Hasil penelitian yang diperoleh yakni pada hasil belajar rata-rata pretest dan posttest mempunyai perbedaan secara nyata karena nilai signifikansinya lebih dari 0,5 dan besar pengaruhnya  sebesar  57,3%.  Respon pada proses pengamatan diperoleh hasil kegiatan yang paling dominan yaitu mengerjakan tugas sebesar 30% dan membaca referensi (modul) sebesar 24% serta respon mahasiswa yang diperoleh melalui pemberian angket dikategorikan baik karena nilai persentase pada pemberian angket sebesar 86%.

Article Details

How to Cite
Safriani, D. A., Habibi, H., & Wati, H. D. (2018). PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH FLUIDA MATERI FLUIDA DINAMIS BERBASIS KKNI UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS WIRARAJA SUMENEP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(1). https://doi.org/10.24929/lensa.v7i1.20
References
Bhinnety, Magda. 2008. Struktur Dan Proses Memori. Buletin Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Volume 16, No. 2, 74-88 ISSN: 0854-7108.
Fatmawati, Harlinda dkk. 2014. Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (Penelitian Pada Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685. Vol.2, No.9, hal 899-910, November 2014.
Fisher, Alec. 2007. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Terjemahan Hadinata, Benyamin. 2009. Jakarta:Erlangga.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS cetakan IV. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Identitas Mata Kuliah Prodi S1 Pendidikan IPA FKIP Universitas Wiraraja Sumenep Tahun Akademik 2015/2016.
Kusuma, Febrian Widya dan Mimin Nur Aisyah. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 2, 2012. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/912.
Ma’rifah, Nurul. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Cooperative Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran PKN Siswa Kelas V SD Negeri 3 Puluhan Trucuk Klaten. Skripsi.
Parmin, 2012. Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Ipa Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. JPII 1 (1) (2012) 8-15. http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii.
Peninjauan Kurikulum Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Tahun 2015
Pedoman Akademik Universitas Wiraraja Sumenep Tahun Akademik 2015/2016.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
Pradana dan Triyanto. 2013. Efektivitas Pengembangan Modul Pembelajaran CNC I Pada Program Studi D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Teknik Mesin Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 48 – 57. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/650/0.
Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Saputro, Eko Yuli. 2011. Penerapan Strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Sekilas Siswa Kelas V SDN Aengbaja Kenek II Kabupaten Sumenep. Skripsi. Surabaya: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Setyowati, A. dkk. 2011. Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
Wicaksono, A.G. Candra. 2014. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi dengan Strategi Reciprocal Teaching.Jurnal Pendidikan Sains Vol.2, No.2, Juni 2014, Hal 85-92 ISSN: 2338-9117.
Widyowati. 2015. Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Advance Organizer Pada Materi Larutan Penyangga. JurnalPancaran, Vol. 4, No. 1, hal 89-104, Februari 2015.