EKSPLORASI KETERAMPILAN LITERASI SAINS DAN MOTIVASI SAINS SISWA SMP
Main Article Content
Abstract
Eksplorasi Keterampilan Literasi Sains dan Motivasi Sains Siswa SMP. Salah satu fokus kebijakan merdeka belajar yang digagas oleh Kemendikbud ialah peningkatan keterampilan literasi. Untuk meningkatkan keterampilan literasi sains siswa, mengetahui sejauh mana kemampuan literasi siswa saat ini menjadi penting. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengeksplorasi keterampilan literasi sains dan motivasi sains siswa SMP di Kabupaten Sanggau. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif, deskripsi statistik dan pengujian korelasi menggunakan IBM SPSS Statistic 25. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan bentuk purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 109 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Balai dan SMP Negeri 1 Parindu. Instrumen penelitian yang digunakan ialah SLA-D dan SLA-MB. Hasil penelitian menggambarkan bahwa rata-rata literasi sains siswa tergolong rendah (M=5.42; SD=2.16), sedangkan rata-rata motivasi sains siswa tergolong tinggi (M=3.82; SD=0.59). Hasil uji korelasi menggunakan uji Spearman rank diketahui bahwa tidak ada hubungan signifikan antara motivasi sains terhadap keterampilan literasi sains siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan literasi sains maka tidak harus terfokus pada peningkatan motivasi sains namun dapat mempertimbangkan faktor lainnya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.