RANCANGAN MODUL IPA MATERI LAPISAN BUMI TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN UNTUK SISWA SMP/MTS DI LINGKUNGAN PESANTREN
Main Article Content
Abstract
Rancangan Modul IPA Materi Lapisan Bumi Terintegrasi Ayat-ayat Al-Qur’an untuk Siswa SMP/MTs di Lingkungan Pesantren. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan rancangan modul IPA materi Lapisan Bumi terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an untuk siswa SMP/MTs di lingkungan pesantren. Penelitian dan pengembangan telah dijalankan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate) namun dibatasi pada tahap Develop. Validasi modul dilakukan oleh ahli materi Al-Qur’an, ahli materi IPA, ahli media dan pengguna (guru). Uji respons siswa dilakukan dengan uji skala kecil terhadap 6 siswa dan uji skala besar terhadap 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul memiliki ciri khas ruang tadabur isyarat sains dalam Al-Qur’an yang membahas ayat-ayat Al-Qur’an yang bersesuaian dengan materi. Secara keseluruhan modul ini memperoleh penilaian kategori sangat baik oleh ahli materi Al-Qur’an, ahli materi IPA, ahli media, dan pengguna. Hasil uji respons siswa skala kecil dan skala besar melaporkan bahwa modul ini memiliki penilaian kategori sangat baik dari segi keterbacaan dan kemenarikan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.