Main Article Content

Dinar Maftukh Fajar
Ismatul Izzah

Abstract

Rancangan Modul IPA Materi Lapisan Bumi Terintegrasi Ayat-ayat Al-Qur’an untuk Siswa SMP/MTs di Lingkungan Pesantren. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan rancangan modul IPA materi Lapisan Bumi terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an untuk siswa SMP/MTs di lingkungan pesantren. Penelitian dan pengembangan telah dijalankan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate) namun dibatasi pada tahap Develop. Validasi modul dilakukan oleh ahli materi Al-Qur’an, ahli materi IPA, ahli media dan pengguna (guru). Uji respons siswa dilakukan dengan uji skala kecil terhadap 6 siswa dan uji skala besar terhadap 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul memiliki ciri khas ruang tadabur isyarat sains dalam Al-Qur’an yang membahas ayat-ayat Al-Qur’an yang bersesuaian dengan materi. Secara keseluruhan modul ini memperoleh penilaian kategori sangat baik oleh ahli materi Al-Qur’an, ahli materi IPA, ahli media, dan pengguna. Hasil uji respons siswa skala kecil dan skala besar melaporkan bahwa modul ini memiliki penilaian kategori sangat baik dari segi keterbacaan dan kemenarikan.

Article Details

How to Cite
Fajar, D. M., & Izzah, I. (2023). RANCANGAN MODUL IPA MATERI LAPISAN BUMI TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN UNTUK SISWA SMP/MTS DI LINGKUNGAN PESANTREN. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 20-29. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.276