Main Article Content

Firdha Yusmar
Rizka Elan Fadilah

Abstract

Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil PISA dan Faktor Penyebab. Literasi sains merupakan bagian dari keterampilan abad 21 yang harus dikuasai oleh peserta didik agar dapat mengikuti arus global, sedangkan kondisi sekarang menunjukkan kemampuan literasi sains peserta didik Indonesia masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil PISA bidang literasi sains peserta didik Indonesia, dan menemukan faktor-faktor penyebab rendahnya. Metode pengumpulan data melalui Narrative Systematic Review. Data yang dikumpulkan dari tahun 2014 hingga 2022. Database berasal dari Google Scholar, website, dan buku teks. Keabsahan data diuji melalui uji kredibilitas. Data rendahnya literasi sains yang diperoleh kemudian dianalisis dan dicari faktor penyebabnya. Hasil analisis data menunjukkan skor PISA literasi sains peserta didik Indonesia rendah dan belum pernah mencapai skor standar yang ditetapkan PISA. Faktor penyebab rendahnya literasi sains peserta didik Indonesia ialah miskonsepsi IPA oleh peserta didik, guru tidak menguasai literasi sains, dan sarana prasarana sekolah yang kurang memadai.

Article Details

How to Cite
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). ANALISIS RENDAHNYA LITERASI SAINS PESERTA DIDIK INDONESIA: HASIL PISA DAN FAKTOR PENYEBAB. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11-19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283