PENGEMBANGAN MODUL FLIPBOOK DIGITAL BERBASIS STEM MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS
Main Article Content
Abstract
Pengembangan Modul Flipbook Digital Berbasis STEM Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Literasi Sains. Modul dalam bentuk flipbook digital didefinisikan sebagai media ajar guna mempermudah materi dan pembelajaran mandiri dengan media elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul flipbook digital berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan (R&D) ini menerapkan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Untuk saat ini, belum ada penelitian mengembangkan modul yang berfokus meningkatkan kemampuan literasi sains dengan pendekatan STEM. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi, observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes, dan angket respon siswa. Hasil kevalidan produk adalah 88,37% dikriteriakan sangat valid. Hasil kepraktisan pembelajaran adalah 91,9% dikriteriakan sangat baik. Hasil keefektifan nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan uji N-gain adalah 0,64 dikriteriakan sedang. Hasil skor angket respon siswa adalah 82,34% menunjukkan sangat positif. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa modul flipbook digital yang dikembangkan dikatakan layak digunakan pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.