Main Article Content

Afinda Abdi
Pramudya Dwi Aristya
Aris Singgih Budiarso

Abstract

Pengembangan Modul Flipbook Digital Berbasis STEM Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Literasi Sains. Modul dalam bentuk flipbook digital didefinisikan sebagai media ajar guna mempermudah materi dan pembelajaran mandiri dengan media elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul flipbook digital berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan (R&D) ini menerapkan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate).  Untuk saat ini, belum ada penelitian mengembangkan modul yang berfokus meningkatkan kemampuan literasi sains dengan pendekatan STEM. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi, observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes, dan angket respon siswa. Hasil kevalidan produk adalah 88,37% dikriteriakan sangat valid. Hasil kepraktisan pembelajaran adalah 91,9% dikriteriakan sangat baik. Hasil keefektifan nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan uji N-gain adalah 0,64 dikriteriakan sedang. Hasil skor angket respon siswa adalah 82,34% menunjukkan sangat positif. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa modul flipbook digital yang dikembangkan dikatakan layak digunakan pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP.

Article Details

How to Cite
Abdi, A., Aristya, P. D., & Budiarso, A. S. (2023). PENGEMBANGAN MODUL FLIPBOOK DIGITAL BERBASIS STEM MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS . LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 57-66. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.294