Main Article Content

Holida Isnania
E Narulita
Rusdianto

Abstract

Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kuartet Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA. Keterbatasan media pembelajaran yang digunakan guru membuat hasil belajar dan motivasi siswa rendah. Penelitian bertujuan mengkaji pengaruh penggunaan media kartu kuartet terhadap hasil dan motivasi belajar siswa SMP. Media kuartet ini memiliki kelebihan dilengkapi dengan gambar berwarna dan menarik serta dilengkapi penjelasan gambar Jenis penelitian quasi experiment dengan Non-Equivalent Control Group Design. Lokasi penelitian di SMP Negeri 3 Bondowoso dan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes dan angket. Uji hipotesis yang digunakan adalah independent sample t test. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, sedangkan nilai rata-rata motivasi belajar di kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan signifikansi (2-tailed) yaitu 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kuartet berpengaruh signifikan terhadap hasil dan motivasi belajar siswa SMP pada pembelajaran IPA.

Article Details

How to Cite
Isnania, H., Narulita, E., & Rusdianto. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 39-46. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.295